Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet Shopee, Kemenkop UKM Ajak UMKM Promo Lewat Live Shopping

Jumat, 16 Juli 2021 14:13 WIB
Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: ist)
Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seiring menurunnya pendapatan UMKM akibat dampak pandemi Covid-19, mendorong sektor ini untuk terus berinovasi. Melalui ekosistem digital, diharapkan mampu mendongkrak pendapatan UMKM yang tergerus.

Salah satu upaya inisiatif ini didorong oleh kolaborasi Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) bersama Shopee, dengan menggelar Live Shopping Produk UKM. Di mana program belanja online yang fokus pada subsektor seperti kuliner, fesyen, kriya, serta kesehatan dan kecantikan. 

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, upaya ini tidak hanya bertujuan sebagai wadah atau ajang promosi produk UKM agar dapat bangkit di masa pandemi ini. Tapi juga memiliki perhatian khusus terhadap pembinaan SDM dan askes pasarnya. 

Baca juga : Gaet Twitter, Kemenristek Perkuat Literasi Medsos Siswa SMP

“Mendorong digitalisasi menjadi salah satu prioritas Kementerian Koperasi dan UKM agar dapat berperan lebih strategis dalam perekonomian nasional," imbuhnya, Jumat (16/7). 

Menurut Teten, selama pandemi ekonomi digital tumbuh positif 38 persen dan terjadi penambahan lebih dari dua juta UKM masuk ke ekosistem digital. Upaya untuk mendorong digitalisasi koperasi dan UKM dilakukan.

Di antaranya melalui peningkatan kapasitas SDM, bimbingan teknis dan pendampingan, peningkatan proses digitalisasi bisnis, serta perluasan akses pasar melalui on-boarding di marketplace dan bantuan pemasaran melalui program Live Shopping Produk UKM ini.

Baca juga : Jago Coffee Ajak UMKM Digitalisasi Bisnis Lewat Aplikasi Jago

Shopee, sebagai sebagai wadah pemasaran dan penjualan produk UKM di nusantara, mendukung penuh program ini dengan ambil bagian di setiap tahapannya. Ketiga sektor yang menjadi penekanan pada Live Shopping Produk UKM ini, mempunyai nama masing-masing seperti Festival Adiwarna (fesyen), Kolaborasa (kuliner), Kirana (kesehatan dan kecantikan). 

Program Live Shopping Produk UKM akan berlangsung pada hari Rabu, 21 Juli 2021 ini merupakan sebuah live virtual event yang dapat disaksikan melalui kanal YouTube Kemenkop dan Shopee Live. 

Bagi para pelaku UKM yang ingin berpartisipasi dalam program ini ada tahapan-tahapan yang perlu diikuti selama rangkaian acara sebelum tanggal 21 Juli. Yaitu tahap kurasi, lalu mengikuti bimbingan on board di Shopee, kemudian akan dipromosikan di landing page Shopee Pilih Lokal. Seluruh tahapan tersebut berlangsung dari tanggal 5 sampai 21 Juli 2021. 

Baca juga : Soal Bantuan Usaha Mikro Tahap II, Kemenkop UKM: Masih Diproses Kemenkeu

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, Shopee terus berkomitmen untuk bahu membahu bersama KemenkopUKM Republik Indonesia, menyelenggarakan program ini yang sudah memasuki tahun ke-2, dengan harapan digitalisasi bisnis dapat terus diterapkan oleh semakin banyak pelaku UMKM di negeri ini. 

Untuk itu, ekosistem dan SDM digital di dalam masyarakat harus terus dirangsang oleh program-program seperti ini. Ini merupakan wujud nyata Shopee dalam mendukung perkembangan bisnis digital di Indonesia. 

"Kami optimis, masa pandemi dapat dijadikan momentum untuk membangkitkan perekonomian dengan UKM sebagai kuncinya,” tutup Handhika. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.