Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PPKM Darurat Jawa Bali Belum Optimal

Luhut: Dari Lubuk Hati Terdalam, Saya Minta Maaf...

Sabtu, 17 Juli 2021 21:44 WIB
Menko Marves/Komandan PPKM Darurat Luhut Binsar Pandjaitan (kiri atas) dalam konferensi pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu (17/7). (Foto: YouTube)
Menko Marves/Komandan PPKM Darurat Luhut Binsar Pandjaitan (kiri atas) dalam konferensi pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu (17/7). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi/Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali, Luhut Binsar Panjaitan, minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia, jika program yang bertujuan menekan laju penularan varian Delta dinilai belum berhasil.

Pemerintah menerapkan PPKM Darurat di seluruh wilayah Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021. Serta 15 kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali pada 12-20 Juli 2021.

Baca juga : PPKM Darurat, Polda Jabar Kantongi Rp 334 Juta Dari Sanksi Denda

"Sebagai Koordinator PPKM Jawa dan Bali, dari lubuk hati yang paling dalam, saya ingin minta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia, jika dalam penanganan PPKM Jawa dan Bali ini belum optimal," kata Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Sabtu (17/7).

"Saya bersama jajaran dan menteri kepala lembaga terkait, akan terus bekerja keras untuk memastikan penyebaran varian Delta ini dapat diturunkan. Serta mengupayakan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat dapat terlaksana," imbuhnya.

Baca juga : PPKM Darurat, Pemain Persija Wajib Kirim Video Latihan Mandiri

Luhut menegaskan, Indonesia tidak akan bisa menyelesaikan pandemi Covid-19 - terutama untuk varian Delta - hanya dengan menambah fasilitas kesehatan.

"Saya ulangi, kita tidak bisa menghadapi varian Delta, hanya dengan menambah rumah sakit, dokter dan perawat. Itu hanya sementara. Meski kami bekerja keras untuk menambah fasilitas tersebut, sebenarnya itu hanya solusi sementara. Solusi permanen adalah menjalankan protokol kesehatan yang ketat, dan mempercepat program vaksinasi yang Presiden perintahkan dan cek berkali-kali, agar tercipta herd immunity," jelas Luhut.

Baca juga : PPKM Darurat, Operasional Commuter Line Cuma Sampai Pukul 9 Malam

Ia pun memohon dengan sangat, agar seluruh komponen masyarakat memenuhi protokol kesehatan dan ketentuan selama periode PPKM Darurat dan mengikuti program vaksinasi.

"Cakupan vaksinasi kini telah meningkat secara signifikan. Targetnya, meningkat 1,5 juta per hari pada bulan depan," ujar Luhut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.