Dark/Light Mode

HUT Kejaksaan Ke-61

Mahfud MD Harap Korps Adhyaksa Steril Dari Intervensi Politik

Kamis, 22 Juli 2021 22:11 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum  dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Ist)
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum  dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum  dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengucapkan selamat Hari Kejaksaan atau Hari Bhakti Adhyaksa yang jatuh setiap tanggal 22 Juli. Ini merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kejaksaan yang ke-61.

"Saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke-61 kepada seluruh Korps Adhyaksa," ungkap Mahfud MD dalam keterangannya kepada RM.id, Kamis (22/7).

Kata Mahfud, belakangan ini nampak ada kemajuan di Kejaksaan. Institusi ini semakin adaptif terhadap kontrol masyarakat dan sudah lebih berani.

"Gangguan politik tentu tak bisa dihindari tapi harus dihadapi," kata dia.

Baca juga : Meriahnya Perayaan 100 Tahun Partai Komunis China, Anggotanya Lebih Dari 95 Juta

Jaksa nakal, sebut Mahfud, tentu masih ada di sana sini. Seperti halnya di institusi lain selalu ada yang nakal. Tetapi, dia melihat tindakan disiplin dan penegakan hukum terhadap yang nakal, sudah dilakukan secara cukup transparan.

Mahfud juga menilai, merit sistem sudah mulai membaik di Korps Adhyaksa. Promosi dan mutasi sudah dikendalikan dengan sistem teknologi informasi yang dapat dan mudah diawasi oleh masyarakat secara lebih transparan.

"Saya pernah mendapat keluhan dari beberapa yang lolos asesmen tapi tidak ditempatkan sesuai dengan hasil asesmen. Itu biasa, ada yang tak puas dan ada yang puas. Yang penting lembaga kokoh, pagar harus rapat, sehingga yang bisa menerobos bisa sangat terbatas," ungkap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Dia pun menyarankan, lembaga penegak hukum yang kini dinahkodai Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk memperkuat pembinaan moral warga kejaksaan.

Baca juga : Kejuaraan Olahraga Ekstrem Berskala Internasional Resmi dibuka

"Agar antar sesama Adhyaksa tidak saling sikut. Jaga para personel agar steril dari intervensi politik dan kolutif," pesan Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur ini.

Diketahui, setiap 22 Juli, Kejaksaan memperingati Hari Kejaksaan atau Hari Bhakti Adhyaksa. Tahun 2021 ini, Hari Kejaksaan jatuh pada Kamis, 22 Juli 2021 merupakan perayaan ke-61, dengan mengambil tema Berkarya untuk Bangsa.

Penetapan Hari Bhakti Adhyaksa dilatarbelakangi oleh berdirinya Kejaksaan pada 22 Juli tahun 1960, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 204 Tahun 1960.

Kinerja Kejaksaan dalam memberantas korupsi dalam laporannya, sepanjang tahun 2020 telah melakukan penyelamatan keuangan negara dengan total Rp19,6 triliun oleh bidang pidana khusus. Secara total, penyelamatan uang negara di seluruh Indonesia mencapai Rp 905,2 triliun.

Baca juga : Demokrat Ajak Daerah Lawan Pembegal Politik

Sementara itu, Kejaksaan melalui bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, selama periode Oktober 2019 hingga Oktober 2020 telah berhasil melakukan penyelamatan keuangan negara dengan total mencapai Rp 388,8 triliun dan 11,8 juta dolar AS. Pada periode sama, Kejaksaan juga telah melakukan pemulihan keuangan negara sebesar Rp 11,1 triliun dan 406.906 dolar AS. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.