Dark/Light Mode

Kampanyekan Kejayaan Rempah Nusantara

Kemendikbudristek Bikin Lomba Nulis Dan Foto, Total Hadiah Rp 0,5 M

Senin, 2 Agustus 2021 10:37 WIB
Kampanyekan Kejayaan Rempah Nusantara Kemendikbudristek Bikin Lomba Nulis Dan Foto, Total Hadiah Rp 0,5 M

 Sebelumnya 
Selama ribuan tahun, kata Restu, Nusantara telah meraih puncak peradaban penting karena menjadi daerah strategis, khususnya sebagai daerah tujuan perdagangan. Jalur globalisasi Nusantara ini menyebabkan berkembangnya beragam pengetahuan dan kebudayaan yang menjadi warisan budaya Indonesia dan dunia.

Baca juga : Kemendikbud Ristek-TNI AL Jamin Pendidikan Anak ABK KRI Nanggala 402

Akibat posisi geo-politik dan geo-ekonomi yang sangat strategis dan terletak di antara dua benua dan samudera, Indonesia merupakan global meeting point.

Baca juga : Gelar Pelayaran Jalur Rempah, Kemendikbudristek Turut Teguhkan Poros Maritim

“Sayangnya, jejak sejarah rempah sepertinya tenggelam oleh zaman. Kesadaran akan masa lalu belum atau tidak dirasakan penting sehingga masyarakat kita tidak terjaga memori kolektifnya akan kekayaan dan kejayaan Nusantara. Bagaimana mungkin kesadaran cinta tanah air tumbuh apabila kita sebagai bangsa tidak tahu sejarahnya,” tutur Restu.

Baca juga : PLN Gelar Kompetisi Dan Inovasi Kelistrikan, Total Hadiah Rp 1 Miliar

Melalui lomba penulisan, foto dan vlog budaya ini, nilai-nilai budaya rempah diharapkan dapat meresap dalam masyarakat dan menjadi pemahaman bersama untuk menggambarkan dan menjelaskan masa lalu untuk kepentingan masa depan bangsa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.