Dark/Light Mode

Kemenag Salurkan BOS Madrasah Tahap II Rp 3,668 Triliun

Senin, 2 Agustus 2021 19:30 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Kemenag)
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Kemenag)

 Sebelumnya 
Menurutnya, sebanyak Rp 3,079 triliun dialokasikan untuk 3.422.021 siswa Madrasah Ibtidaiyah atau MI (42 persen) sebanyak Rp 2,746 triliun untuk 2.496.647 siswa Madrasah Tsanawiyah atau MTs (38 persen). Sementara untuk 995.274 siswa Madrasah Aliyah (MA), dialokasikan Rp1,492 triliun (20 persen).

"BOP RA dan BOS Madrasah diberikan per tahun. Besaran BOP RA, 600 ribu per siswa, BOS MI, Rp900ribu per siswa, BOS MTs Rp1,1 juta per siswa, dan BOS MA, Rp 1,5 juta per siswa," ujar pria yang akrab disapa Dhani ini.

Baca juga : Kemenag Realokasi Rp 2 Triliun Untuk Penanganan Covid-19

Proses pencairan dimungkinkan sudah bisa dilakukan pada bulan Agustus ini. Ia harap dana BOP RA dan BOS Madrasah ini bisa dioptimalkan juga untuk mendukung penguatan digitalisasi madrasah.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi meminta RA dan madrasah untuk segera memproses pencairan BOP dan BOS tahap II.

Baca juga : Jasa Marga Raih Laba Rp 855 Miliar

"Ada sejumlah mekanisme yang harus diselesaikan dan itu sudah dituangkan dalam pedoman, mulai upload berkas administrasi, verifikasi, hingga teknis pencairan di bank," ujarnya.

Dijelaskan Isom, untuk memudahkan RA dan madrasah, pihaknya sudah menyiapkan layanan berbasis digital melalui Portal https://bos.kemenag.go.id. Jika ada permasalahan atau kesulitan, RA dan madrasah juga dapat menghubungi Madrasah Digital Care melalui Whatsapp 081147402020.

Baca juga : Penjualan Listrik PLN Tembus Rp 140,5 Triliun

"Gunakan dana bos sesuai aturan yang berlaku dan untuk mempercepat peningkatan capaian pembelajaran," ujar Isom. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.