Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Seriusin Rencana Pemindahan Ibu Kota, Jokowi ke Kalimantan

Selasa, 7 Mei 2019 12:54 WIB
Presiden Jokowi sesaat akan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (7/5). (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi sesaat akan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (7/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana pemindahan Ibu Kota memang tidak main-main. Sebagai bentuk tindak lanjut keseriusan pemerintah dalam hal pemindahan Ibu Kota negara, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Kalimantan pada hari ini, Selasa (7/5).

Jokowi beserta rombongan lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pada pukul 09.00 WIB. Setibanya di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada pukul 11.55 WITA, Jokowi langsung menuju ke lokasi yang menjadi alternatif rencana pemindahan Ibu Kota tersebut.

Baca juga : Pemindahan Ibu Kota Bisa 0 Rupiah Lho

Setelah itu, Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju  Kalimantan Tengah. Rencananya, Jokowi akan bermalam di Kota Palangkaraya, untuk melanjutkan rangkaian kunjungan kerja keesokan harinya. Di antaranya  meninjau lokasi yang menjadi alternatif rencana pemindahan ibu kota.

Sebelumnya, Jokowi kembali menegaskan bahwa pemerintah tidak main-main terkait rencana pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi di hadapan para kepala lembaga tinggi negara, saat acara Buka Puasa Bersama di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/5) sore.

Baca juga : Puasa Dimulai, Jokowi Beli Baju dan Panci

"Kita serius dalam hal ini, karena sejak 3 tahun lalu, kita telah bahas secara internal. Kemudian 1,5 tahun yang lalu, kami minta Bappenas untuk melakukan berbagai kajian yang lebih detail. Baik dari sisi ekonomi, sosial politik, ataupun dari sisi lingkungan," ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang diterima RMcoid, Selasa (6/5).

Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Sofyan A. Djalil, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak turut serta mendampingi Jokowi dalam acara tersebut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.