Dark/Light Mode

Siapa Panglima Perang Covid

Pertanyaan Mega Dijawab Moeldoko

Sabtu, 7 Agustus 2021 08:16 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko (Foto: Instagram/dr_moeldoko)
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko (Foto: Instagram/dr_moeldoko)

 Sebelumnya 
Ahli epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menilai, pernyataan yang menyebutkan Jokowi sebagai panglima tertinggi dalam penanganan Covid-19 memang sudah seharusnya. Sebab, posisi presiden memang pemimpin tertinggi dalam penanganan atau pengambilan kebijakan apapun di suatu negara.

Namun, untuk teknis di lapangan, Dicky menyarankan Jokowi menyerahkan penanganan Covid-19 langsung kepada Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Tujuannya, agar lebih terfokus dan sesuai fungsinya. Tidak lagi lewat lembaga ad hoc atau kepada para menteri koordinator.

Baca juga : Bantu Tangani Covid-19, KSP Bagikan Masker Gratis Di Rawabadak

Menurut Dicky, penanganan Covid-19 dipimpin Menkes juga dilakukan sejumlah negara. Termasuk beberapa negara ASEAN, yang Menkes atau Dirjen langsung memimpin penanganan pandemi.

"Harus lembaga yang berbasis sistem, yakni sistem kesehatan. Dalam hal ini Menteri Kesehatan," kata Dicky, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Jaga Ketahanan Pangan, Pemerintah Perkuat Sektor Pertanian

Ia menilai, tidak masalah jika ada menteri senior di atas Menkes seperti Menko untuk mengkoordinir pertemuan atau rapat sebelum pembahasan dengan Presiden. Akan tetapi, yang punya sistem adalah Menkes. 

"Nanti, ketika kita menghadapi hal yang sama, kita sudah punya sistem itu. Tidak membuat lagi, sistem ini, lembaga itu. Celaka kita," pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.