Dark/Light Mode

Pembangunannya Terus Digenjot, RSUD Pirngadi Medan Bakal Punya 20 Ruang ICU Covid

Sabtu, 7 Agustus 2021 13:45 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Letjen TNI Ganip Warsito (tengah) meninjau pembangunan ruang ICU di RSUD Dr. Pirngadi, Medan, Sumatera Utara, pada Jumat (6/8). (Foto: BNPB)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Letjen TNI Ganip Warsito (tengah) meninjau pembangunan ruang ICU di RSUD Dr. Pirngadi, Medan, Sumatera Utara, pada Jumat (6/8). (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito, meninjau pembangunan ruang perawatan intensif atau ICU untuk pasien terpapar virus SARS-CoV2 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Pirngadi Medan.

Nantinya rumah sakit akan memiliki 20 kamar ICU untuk penanganan pasien dengan gejala berat. Rumah sakit yang dikelola Pemerintah Kota (Pemkot) Medan ini sangat membantu penanganan medis pasien Covid-19 dengan perawatan intensif.

Baca juga : Pertamina Targetkan RS Modular Tampung Pasien Covid Agustus 2021

Ganip mengatakan 20 kamar ICU itu diperuntukkan untuk pasien dewasa sebanyak 16 kamar dan sisanya untuk pasien anak-anak.

Ia berharap ruangan isolasi dan ICU khusus dengan total ruangan 140 ditambah 20 tempat tidur ICU ini dapat segera beroperasi.

Baca juga : Minta 3T Terus Digenjot, Jokowi Ingatkan Ancaman Varian Baru Yang Lebih Menular

Ganip mengatakan upaya yang dilakukan pihak rumah sakit ini mendukung kolaborasi antara bagian hulu dan hilir penanganan Covid-19.

“Pengelolaan di hulu harus bagus supaya sisi hilir tidak tertekan. Kolaborasi ini yang harus dilakukan. Upaya isolasi mandiri, isolasi terpusat, baru perawatan di rumah sakit apabila pasien bergejala sedang hingga berat,” ujar Ganip di RSUD Dr. Pirngadi, Kota Medan, pada Jumat (6/8)

Baca juga : 5 Hari Di UGD RS Ciputra, Istri Anwar Fuady Meninggal Dunia Karena Covid

Selain penyediaan ruang perawatan pasien Covid-19, RSUD ini juga memiliki fasilitas pelayanan pemeriksaan tes cepat antigen dan tes swab PCR.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.