Dark/Light Mode

Perpanjangan PPKM 10-16 Agustus 2021

Mall Dan Industri Esensial Berbasis Ekspor Dibuka Secara Bertahap

Senin, 9 Agustus 2021 22:53 WIB
Ilustrasi pusat perbelanjaan ITC Cempaka Mas, Jakarta (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ilustrasi pusat perbelanjaan ITC Cempaka Mas, Jakarta (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Kemaritiman/Investasi yang juga Komandan Darurat Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, dalam opsi perpanjangan PPKM 10-16 Agustus 2021, terdapat 2 roadmap yang memiliki penyesuaian dan diujicobakan. Yaitu, sektor perbelanjaan mall/ dan industri esensial yang berbasis ekspor atau penunjangnya.

"Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk mal dan pusat perbelanjaan di wilayah Level 4, dengan memperhatikan implementasi protokol kesehatan," ujar Luhut dalam Konferensi Pers Evaluasi dan Penerapan PPKM yang ditayangkan secara virtual, Senin (9/8).

Baca juga : Perpanjangan PPKM Harus Terus Dilakukan Sampai Kasus Aktif Turun 5 Ribu Per Hari

Uji coba pembukaan mal ini akan dilakukan di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang dengan kapasitas 25 persen selama seminggu ke depan, dengan prokes ketat.

"Hanya mereka yang sudah divaksin, yang dapat pergi ke mall. Harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Untuk sementara, anak berusia di bawah 12 tahun dan mereka yang berusia di atas 70 tahun, dilarang masuk ke mall atau pusat perbelanjaan," papar Luhut.

Baca juga : Menaker: Industri Sawit Banyak Serap Tenaga Kerja

Industri Esensial Berbasis Ekspor

Minggu depan, industri esensial berbasis ekspor diharapkan dapat mulai beroperasi di kota-kota Level 4, dengan 100 persen staf yang dibagi dalam 2 shift.

Baca juga : Ajang Oceanman Indonesia 2021 Bikin Industri Parekraf Bergairah

Selain itu, pemerintah juga melakukan penyesuaian di Level 4, dengan kapasitas maksimum 25 persen, atau maksimal 20 orang.

"Kami ingin menekankan sekali lagi, ada 3 pilar utama dalam penanganan Covid-19. Yakni peningkatan coverage vaksinasi secara cepat, 3T yang tinggi, dan kepatuhan 3M terutama memakai masker yang baik," kata Luhut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.