Dark/Light Mode

Bahas Penanganan Covid-19 Di Sulteng

Airlangga Tekankan Pentingnya Penurunan BOR Dan Akselerasi Vaksinasi

Jumat, 27 Agustus 2021 23:17 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Sulawesi sudah mulai membuahkan hasil. Selama Agustus ini, kasus aktif sudah mulai turun rata-rata sebesar 8,77 persen. Dari 6 provinsi di wilayah Sulawesi, 5 sudah turun cukup signifikan. Hanya Sulawesi Tengah (Sulteng) yang masih naik angkanya. Namun demikian, pada pekan ke-3 dan 4 Agustus ini, sudah mulai melandai, dengan rata-rata kasus aktif 9.032. 

Untuk memastikan pelaksanaan penanganan Covid-19 berjalan baik, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengadakan peninjauan ke lapangan dan melakukan dialog secara langsung dengan semua pihak terkait. Salah satunya dengan mengadakan Rapat Koordinasi bersama seluruh Kepala Daerah (gubernur/bupati/wali kota) beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) se-Sulteng, Jumat (27/8).

Baca juga : Bantu Penanganan Covid-19 Di Papua, Kapolri Serahkan Oksigen Generator

Pertemuan ini guna mendengarkan langsung dari para kepala daerah beserta seluruh jajarannya tentang berbagai permasalahan di lapangan. Peninjauan ke Sulteng ini merupakan rangkaian dari kunjungan kerja lapangan ke daerah-daerah di luar Jawa Bali dengan level asesmen 4 dan yang menerapkan PPKM Level 4. Pekan sebelumnya, Airlangga melakukan peninjauan ke Lampung dan Kalimantan Selatan. 

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) melakukan peninjauan ke lapangan dengan melihat Kampung Tangguh Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, sebagai desa percontohan dalam menerapkan prokes. Kemudian meninjau fasilitas isolasi terpusat (Isoter) di Gedung BPSDM Sulteng dan mengecek langsung pelaksanaan vaksinasi di Halaman Kantor Gubernur yang diselenggarakan Dinkes Sulteng. 

Baca juga : Liga 1 Digelar, Polri Tegaskan Pertandingan Tanpa Penonton dan Dilarang Nobar

“Saya mengapresiasi kebijakan yang dilakukan Gubernur terkait menjaga keseimbangan rem dan gas yang dilakukan juga melalui kerja sama dengan perbankan dan pihak swasta. Selain itu, kami juga mengapresiasi Kampung Tangguh yang menjadi percontohan prokes dan berhasil menihilkan kasus Covid-19 di lingkungannya,” tutur Airlangga

Sulteng saat ini tengah menerapkan PPKM Level 4 pada 7 dari 13 kabupaten/ kota di wilayahnya. Melibatkan seluruh kepala daerah dan Forkompimda, Airlangga mendiskusikan berbagai tantangan di lapangan, langkah-langkah percepatan penanganan pandemi, serta memastikan segala upaya dapat berjalan optimal. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.