Dark/Light Mode

Satgas Akan Awasi Prokes Sekolah Tatap Muka

Keselamatan Para Siswa Dan Tenaga Pengajar Yang Utama

Selasa, 31 Agustus 2021 07:13 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Humas BNPB)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Humas BNPB)

 Sebelumnya 
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menambahkan, peran Satgas Covid-19 di tiap satuan pendidikan penting untuk memperkuat pengawasan kedisiplinan prokes.

“Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga agar sekolah tidak menjadi klaster penyebaran baru,” ujar Johnny.

Baca juga : Bingung Putuskan Anak Sekolah Tatap Muka? Simak Rekomendasi IDAI

Akselerasi pembukaan PTM terbatas harus tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian. Karena itu, menurutnya, upaya perlindungan kesehatan bagi insan pelaku pendidikan dan keluarganya harus dioptimalkan.

Selain percepatan vaksinasi bagi pendidik dan peserta didik, penerapan teknis pelaksanaan prokes sesuai regulasi juga harus ditegakkan.

Baca juga : Kapolri Ingatkan Prokes Pada Perhelatan PON XX Di Papua

“Untuk memastikan adanya pengawasan prokes ini, kami mendorong satuan pendidikan di wilayah PPKM level 1-3 membentuk Satgas Covid-19 tingkat sekolah untuk mendukung efektivitas PTM secara terbatas,” pinta menteri asal NasDem ini.

Satgas Covid-19 di sekolah selain memperkuat pengawasan prokes untuk menghindari penularan Covid-19, juga punya peran penting lainnya. Yaitu mengkomunikasikan setiap perkembangan PTM kepada satgas daerah dan dinas terkait.

Baca juga : Begini Tips Sekolah Tatap Muka, Supaya Nggak Ada Penularan Covid Airborne

Terkait persiapan pelaksanaan PTM terbatas, sekolah perlu terus mempersiapkan diri memenuhi daftar periksa sebagaimana yang tercantum dalam SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.