Dark/Light Mode

Menteri PPPA Dukung Penuh Aturan Larangan Kawin Kontrak Di Cianjur

Jumat, 3 September 2021 14:31 WIB
Menteri PPPA, Bintang melakukan  kunjungan kerjanya di Kabupaten Cianjur Jumat (3/9).
Menteri PPPA, Bintang melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Cianjur Jumat (3/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengapresiasi diterbitkannya Peraturan Bupati Kabupaten Cianjur Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pencegahan Perkawinan Usia Anak dan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pencegahan Kawin Kontrak

Bintang berharap komitmen kepala daerah Cianjur dalam pencegahan praktik kawin kontrak yang merendahkan dan merugikan kaum perempuan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lainnya.

Baca juga : Inovasi Signify Berikan Pencahayaan yang Bersih dan Efisien Untuk Uni Eropa

“Saya yakin dan percaya kita bisa menyelesaikan masalah ini secara bersama sama antara kepala daera dengan masyarakat. Mudah-mudahan tindakan tegas Bupati melalui Perbup ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi kabupaten dan daerah-derah lain di sekitar Cianjur ini,” ujar Menteri Bintang dalam kunjungannya ke Sekretariat Serikat Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Kabupaten Cianjur didampingi Bupati Cianjur, Herman Suherman melalui keterangannya kepada RM.id, Jumat (3/9).

Menteri Bintang juga mengacungi jempol kepada Pemerintah Daerah Cianjur yang tidak hanya mengeluarkan kebijakan, namun telah menyiapkan skema-skema pencegahan melalui pemberdayaan perempuan, di antaranya dengan melibatkan PEKKA.

Baca juga : Menteri Teten: Rumitnya Perizinan Buka Celah Praktik Korupsi

“Perempuan kepala keluarga itu diberdayakan secara ekonomi dan mereka bergerak mendukung program-program Pemerintah. Pencegahan perkawinan anak tentu diharapkan bisa diteruskan melalui peraturan desa,” harapnya.

Dalam kunjungan kerjanya, Menteri Bintang mengunjungi Rumah Produksi Dahlia Batik Genturan Khas Cianjur. Di sana, Menteri Bintang mengaku, terpukau dengan kemahiran para pengrajin meski harus bekerja dengan kondisi fisik yang memiliki keterbatasan, namun karya yang dihasilkan berkualitas dan sangat detail dengan pola khas Cianjur. 

Baca juga : KAI Dukung Penuh Kebijakan Perpanjangan PPKM

Bintang juga turut memberi semangat kepada para pengrajin untuk dapat meningkatkan skill dan membangun usaha sendiri. 

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menteri Bintang juga memberikan sejumlah bantuan pemenuhan kebutuhan spesifik bagi perempuan kepada kelompok PEKKA dan pengrajin perempuan di Dahlia Batik Genturan Khas Cianjur.  [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.