Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Banjir Jadi Langganan, Risma Minta Pemda Di Kalimantan Susun Rencana Strategis

Kamis, 16 September 2021 18:59 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) saat memberikan bantuam pada penyintas bencana Desa Asam Asam, Kecamatan Jurong, Palangkaraya, Kamis (16/9).(Foto: Dok. Kemensos)
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) saat memberikan bantuam pada penyintas bencana Desa Asam Asam, Kecamatan Jurong, Palangkaraya, Kamis (16/9).(Foto: Dok. Kemensos)

 Sebelumnya 
Risma mengatakan, banjir berulang bukan hanya memberatkan tugas pemerintah namun juga mengakibatkan masyarakat kesulitan meningkatkan kesejahteraannya.

"Banjir langganan membuat pemerintah sulit melaksanakan pembangunan. Masyarakat juga sulit meraih kesejahteraannya," ujarnya.

Risma memotivasi agar berani membuat terobosan di tengah keterbatasan anggaran. Seperti yang ia lakukan pada saat menjabat Wali Kota Surabaya.

Risma mencontohkan pembangunan Bendungan Sutami di Kabupaten Malang, Jawa Timur yang dinilai Mensos sebagai langkah strategis.

Baca juga : Ketemu Peternak Ayam, Jokowi Minta Kemendag Dan Kementan Bikin Terobosan Soal Unggas

"Dulu banyak daerah di Jawa Timur yang menjadi langganan banjjr karena luapan Sungai Brantas. Tapi dengan satu bendungan, sekarang bisa dirasakan manfaatnya untuk banyak daerah," ujarnya.

Kepada tiga kepala daerah yang dikunjunginya, Risma mengingatkan bahwa bencana merupakan ancaman serius karena fenomena perubahan iklim. Pemerintah daerah juga harus menyiapkan skenario mitigasi bencana yang terencana dengan baik, termasuk penyiapan sarana evakuasi warga seperti shelter.

Pernyataan tersebut disampaikan Risma dalam kunjungannya ke lokasi bekas banjir di Kabupaten Tanah Laut. Kepada Bupati Tanah Laut Sukamta.

Dalam kesempatan tersebut, Risma didampingi Bupati menyusuri perkampungan di Desa Asam Asam, Kecamatan Jurong, Kabupaten Tanah Laut. Ia menyapa dan berdialog kecil dengan warga setempat.

Baca juga : Jelang Hari Santri, Gus Jazil Minta Pemerintah Realisasikan Dana Abadi Pesantren

Risma juga menyapa dan menghibur anak-anak penyintas banjir baik di Desa Asam Asam maupun di Kota Palangkaraya. Kepada mereka Ia meminta untuk terus bergembira dan berdoa agar bencana segera berakhir.

Pemerintah pusat dan daerah menyalurkan bantuan untuk masyarakat penyintas bencana Desa Asam Asam, Kecamatan Jurong. Di antara bantuan berupa makanan siap saji, makanan anak, family kit, kids ware, dan perlengkapan kesehatan seperti masker, handsanitizer, dan sarung tangan. Total nilai bantuan sebesar Rp 138.046.706.

Di Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, Kementerian Sosiak memberikan bantuan berupa makanan siap saji 156 paket, makanan anak 102 paket selimut 50 lembar, kids ware 30 paket, family kit 30 paket, foodware 35 paket, perlengkapan dapur 35 matras 100 lembar, dan kasur lipat 20 lembar.

Dalam kunjungan ke Desa Mendawai, Risma meninjau layanan Dapur Umum Tagana Kalteng dan Tagana Kota Palangkaraya di RW 06 RT 07, Desa Mendawai. Kondisi saat ini debit air di lokasi terdampak banjir Kelurahan Mendawai Kecamatan Palangka pada titik terdalam ±50 cm.

Baca juga : Hari Pelanggan Nasional, Ralali Luncurkan Pembayaran Paylater

Sejalan dengan ketentuan perundang-undangan, pada saat bencana Kemensos bertanggung jawab terhadap pemenuhan kebutuhan dasar penyintas dan perlindungan terhadap kelompok rentan.

Di antara tugas Kemensos saat terjadi bencana, melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) berkoordinasi dengan pemerintah daerah mendata korban, menyalurkan bantuan logistik, memindahkan kelompok rentan ke tempat yang lebih aman, mendirikan dapur umum untuk mencukupi kebutuhan makanan para penyintas dan memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP). [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.