Dark/Light Mode

Antisipasi Varian Baru

Di Soetta Kudu Tes PCR, Lewati Enam Checkpoint

Senin, 20 September 2021 07:10 WIB
Penumpang internasional yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta menjalani tes PCR. (Foto: Dok. Kemenhub)
Penumpang internasional yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta menjalani tes PCR. (Foto: Dok. Kemenhub)

 Sebelumnya 
Pada titik ini, personel KKP juga akan melakukan klasifikasi lokasi karantina.

Berikutnya, checkpoint ketiga, seluruh penumpang kemudian menjalani tes PCR di bilik yang terletak di Area Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Layanan tes Covid-19 ini akan dilakukan penyedia fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).

Lalu checkpoint keempat, seluruh penumpang menjalani proses Imigrasi serta Bea dan Cukai.

Baca juga : Penumpang Internasional Soetta Kudu 3 Kali Tes PCR, Lewati 6 Checkpoint

Checkpoint kelima, penumpang menuju area holding untuk persiapan karantina, dengan pengawasan personel Satgas Udara Penanganan Covid-19. Hasil tes PCR juga akan diinformasikan di titik ini.

Terakhir, checkpoint keenam, penumpang menuju transportasi darat (bus) untuk diantar ke lokasi karantina yang telah ditetapkan. Pelaksanaan di titik ini dibantu Polres Bandara Soekarno-Hatta.

Sementara Komandan Satgas Udara Penanganan Covid-19, Kolonel Tek Sunu Eko P menuturkan, seluruh personel satgas berkomitmen menjaga penerapan SE Kemenhub Nomor 74/2021 dan prosedur kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga : Struktur Tarif Cukai Hasil Tembakau Di Indonesia Kudu Disederhanakan

Kemudian, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta (KKP) dr Darmawali Handoko mengingatkan, agar penumpang internasional menjalani protokol kesehatan.

“Penumpang internasional tujuan Bandara Soekarno-Hatta harus menjalani 3 kali tes PCR. Pertama di negara asal, kemudian yang kedua di Bandara Soekarno-Hatta, lalu ketiga di lokasi karantina,” ujarnya.

Board of Airlines Representative Indonesia (BARINDO), juga mendukung ketentuan dalam SE Kemenhub Nomor 74/2021 tersebut. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.