Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Merger BUMN Pangan

Jokowi Bubarkan Tiga Perusahaan Pelat Merah

Senin, 20 September 2021 17:41 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penggabungan BUMN Pangan menuju holding BUMN Pangan telah ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui tiga Peraturan Pemerintah (PP).

Ada tiga perusahaan pelat merat secara resmi dibubarkan presiden, untuk gabung ke perusahaan lain. Pada PP Nomor 97 Tahun 2021 dinyatakan, PT Bhanda Ghara Reksa bergabung ke dalam PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Baca juga : Tok! Presiden Jokowi Bubarkan 3 BUMN, Ini Daftarnya

Berikutnya, PP Nomor 98 Tahun 2021 disebutkan bahwa PT Pertani bergabung ke PT Sang Hyang Seri. Berikutnya, PP Nomor 99 Tahun 2021 PT Perikanan Nusantara atau Perinus bergabung ke dalam PT Perikanan Indonesia.

Direktur Utama PT RNI (Persero), Arief Prasetyo Adi mengatakan sesuai PP Nomor 97 Tahun 2021, Penggabungan PT Bhanda Ghara Reksa ke dalam PT Perusahaan Perdagangan Indonesia yang bergerak di sektor perdagangan dan logistik didasarkan atas pertimbangan untuk meningkatkan efisiensi dan penetrasi bisnis distribusi dan perdagangan.

Baca juga : Sumut Dan Jatim Kejar-kejaran Di Tangga Kasus Kematian Harian

Begitupun dua PP lainnya yang bertujuan sama guna memperluas jaringan usaha.  “Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, Penggabungan dari 6 menjadi 3 BUMN Pangan ini merupakan tahap kedua yang harus dilakukan sebagai proses persyaratan pembentukan holding BUMN Pangan," kata Arief dalam keterangan resmi, Senin (20/9).

Arief melanjutkan PP Penggabungan BUMN Pangan ini nantinya akan dilengkapi dengan persetujuan rancangan penggabungan dan RUPS perubahan anggaran dasar.

Baca juga : Ganjar Terbahak-bahak

“Satu tahap lagi yaitu PP Holding BUMN Pangan sebagai fase terakhir rangkaian pembentukan holding BUMN Pangan yang kami harapkan kuartal IV 2021 ini juga rampung," ucapnya.

BUMN Klaster pangan sendiri merupakan gabungan dari 9 BUMN diantaranya PT RNI (Persero) sebagai induk, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), PT Sang Hyang Seri (Persero), PT Pertani (Persero), PT Perikanan Indonesia (Persero), PT Perikanan Nusantara (Persero), PT Berdikari (Persero), PT Garam (Persero). [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.