Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Demi Rasa Aman Dan Nyaman

Mendag Bakal Ujicoba Aplikasi PeduliLindungi Di 6 Pasar

Minggu, 26 September 2021 15:02 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat meninjau Pasar Badung di Bali, Minggu (26/9). (Foto: Ant)
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat meninjau Pasar Badung di Bali, Minggu (26/9). (Foto: Ant)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menekankan bahwa pasar rakyat harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung. Khususnya, dari risiko penularan Covid-19, sehingga diharapkan dapat menggerakan ekonomi nasional. 

Kementerian Perdagangan pun akan melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat. Hal ini disampaikan Mendag Lutfi saat meninjau Pasar Badung, Denpasar, Bali.

“Ada beberapa pasar rakyat yang akan diuji coba dengan memperhatikan tingkat vaksinasi pedagang dan pengelola pasar,” ujar Lutfi dalam keterangan resmi, Minggu (26/9).

Baca juga : Seluruh Hotel HIN Pake Aplikasi PeduliLindungi

Lebih lanjut mantan Dubes RI di Amerika Serikat dan Jepang ini mengatakan, ada beberapa pertimbangan pelaksanaan uji coba implementasi aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat. Di antaranya, pedagang dan pengelola pasar rakyat sudah tervaksin Covid-19 100%.

Pasar rakyat juga menerapkan protokol kesehatan sesuai rekomendasi pemerintah. Untuk pasar rakyat yang memiliki akses pintu masuk dan keluar, dapat dikontrol pengelola. Serta, memiliki standar operasional prosedur dalam penerapan protokol kesehatan dan menyediakan sumber daya manusia dalam penerapan aplikasi PeduliLindungi.

Berdasarkan usulan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo), implementasi aplikasi PeduliLindungi akan diuji coba di enam pasar. Rinciannya, Pasar Mayestik (Jakarta), Pasar Blok M (Jakarta), Pasar Baltos (Kota Bandung), Pasar Modern BSD (Tangerang Selatan), Pasar Modern 8 Alam Sutera (Tangerang) dan Pasar Wonodri (Semarang).

Baca juga : Telkom Optimis Aplikasi PeduliLindungi Bangkitkan Ekonomi Bali

Keenam pasar itu sudah mendapat QR Code dari Kementerian Kesehatan. Menurut Lutfi, kesuksesan implementasi aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat sangat tergantung pada kesadaran dan peran aktif masyarakat terhadap pengendalian covid-19. Serta kesiapan SDM pengelola pasar rakyat, khususnya dalam sosialisasi, pemeriksaan dan pemantauan penerapan aplikasi PeduliLindungi.

Kemudian, diperlukan pua kesiapan sarana prasarana pencegahan Covid-19 di pasar rakyat. Seperti fasilitas cuci tangan, hand sanitizer dan masker.

Berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perdagangan, tingkat vaksinasi pedagang pasar secara nasional mencapai 62%. Sementara di Pasar Badung, tingkat vaksinasi pedagang dan pengelola mencapai 100%, dengan skor indeks pengendalian Covid-19 sebesar 69.

Baca juga : Erick Tinjau Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Di Pelabuhan Ketapang Dan Gilimanuk

“Adanya penerapan aplikasi PeduliLindungi, serta vaksinasi pedagang dan pengelola pasar yang mencapai 100%, diharapkan meningkatkan kepercayaan dan keamanan konsumen saat berbelanja di pasar rakyat," pungkas Lutfi. [EFI]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.