Dark/Light Mode

Roadshow Terapkan PeduliLindungi

Lutfi Mainkan Jurus Pertumbuhan Ekonomi

Jumat, 1 Oktober 2021 07:20 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memindai aplikasi PeduliLindungi saat keluar pasar usai meninjau penggunaan aplikasi PeduliLindungi di Pasar 8 Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/9/2021). (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memindai aplikasi PeduliLindungi saat keluar pasar usai meninjau penggunaan aplikasi PeduliLindungi di Pasar 8 Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/9/2021). (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi terus berupaya menerapkan PeduliLindungi di pasar rakyat. Sebab dengan cara ini, perdagangan kembali berjalan dan pertumbuhan ekonomi bakal terkerek.

Kemarin pagi, Lutfi meninjau uji coba penerapan PeduliLindungi, di Pasar Modern 8 Alam Sutera, Pakulonan, Tangerang Selatan (Tangsel). “Kami melihat Pasar 8 dalam kesiapan penerapan PeduliLindungi untuk keamanan dan kenyamanan berbelanja di pasar ini,” ujarnya, saat menggelar konferensi pers di Tangsel, kemarin.

Baca juga : Moeldoko Tegaskan Indonesia Prioritaskan Ekonomi Hijau

Dalam peninjauan tersebut, Lutfi didampingi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan, Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kartini Rustandi, dan Ketua Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) Joko Setiyanto. Lutfi menjelaskan, Pasar 8 Alam Sutera merupakan salah satu dari enam pasar utama yang akan diujicobakan Pemerintah dalam penerapan PeduliLindungi. Rencananya, Kemendag akan melakukan uji coba penerapan serupa di 14 pasar, di seluruh Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengapresiasi peran Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dan Asparindo, lantaran uji coba penerapan PeduliLindungi berjalan dengan baik.

Baca juga : Perpanjangan Diskon PPnBM Mobil Kerek Pertumbuhan Ekonomi

Diingatkan Lutfi, tak hanya pusat perbelanjaan seperti mall, pasar rakyat pun bisa menerapkan PeduliLindungi untuk keamanan dan kenyamanan bersama. Selain mengecek penerapan PeduliLindungi dan protokol kesehatan, Mendag juga mengecek harga-harga di Pasar 8 Alam Sutera. Hasilnya, semua harga stabil, meski pasar ini terbilang premium.

“Tetapi, memang ada keluhan. Pengunjung menurun, daya beli menurun juga menurun. Meski pada dasarnya, harga-harga aman,” tuturnya.

Baca juga : KPK Amankan Dokumen, Duit, Dan Bukti Elektronik

Karena itu, untuk kembali menggeliatkan ekonomi, mata rantai penularan virus Corona, khususnya di pasar rakyat, harus diputus. Caranya, dengan menerapkan PeduliLindungi.

Upaya lainnya, adalah dengan memaksimalkan pembayaran nontunai untuk mengurangi kontak langsung. “Mudah-mudahan, dengan mulai berdagang lagi, kita bisa menggerakkan perekonomian, terutama di Tangsel, supaya bisa jalan lagi, supaya tidak mengeluh,” ucap Lutfi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.