Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mejeng Di Expo 2020 Dubai

Mendag Yakin Paviliun Indonesia Bawa Pulang Perdagangan & Investasi

Sabtu, 2 Oktober 2021 15:00 WIB
Mendag Muhammad Lutfi saat membuka Paviliun Indonesia, bersama Minister of State for Foreign Trade Uni Arab Emirates (UAE) Thani bin Ahmed Al Zeyoudi di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (1/10). (Foto: Ist)
Mendag Muhammad Lutfi saat membuka Paviliun Indonesia, bersama Minister of State for Foreign Trade Uni Arab Emirates (UAE) Thani bin Ahmed Al Zeyoudi di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (1/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Expo 2020 Dubai di Uni Emirat Arab resmi dibuka. Mengangkat tema Creating the Future, From Indonesia to the World, Paviliun Indonesia siap menyambut para buyers dan investor dari seluruh dunia.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi optimistis pengunjung bakal terkesima, dan mengakui potensi Indonesia yang sangat besar.

Hal itu disampaikan Mendag saat membuka Paviliun Indonesia, bersama Minister of State for Foreign Trade Uni Arab Emirates (UAE) Thani bin Ahmed Al Zeyoudi di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (1/10).

Turut mendampingi Duta Besar untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis. Layaknya di Indonesia, pembukaan paviliun dimeriahkan gelaran pertunjukan seni budaya, tari-tarian, dan lagu-lagu yang mewakili beragam daerah di Indonesia.

Baca juga : Mendag: Dunia Akan Saksikan Dan Akui Potensi Indonesia

Gelaran ini sekaligus mempromosikan pesona budaya Indonesia untuk menarik para pengunjung. Paviliun Indonesia berdiri di atas lahan seluas 1.860 meter, dengan luas bangunan sekitar 3.000 meter. Paviliun Indonesia terdiri dari tiga lantai, dan terletak di zona Opportunity District dengan konsep Indonesia Emas 2045. Juga menampilkan tiga zona waktu: yesterday, today, and tomorrow.

Dengan konsep ini, Lutfi yakin mata dunia akan terbuka dan melihat kekuatan Indonesia di masa lalu, sekarang, dan masa depan sebagai kekuatan global. "Izinkan kami menyambut semua orang dari berbagai penjuru dunia di Paviliun Indonesia. Kami berharap, dunia akan menyaksikan dan mengakui kepulauan kita sebagai peluang untuk berdagang, berinvestasi, dan berkunjung," yakinnya.

Dia menyebut, dalam beberapa bulan ke depan, Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai akan menjadi rumah di Dubai. Bahkan menjadi jendela Indonesia untuk dunia. Dengan tujuan, memperkuat kemitraan global untuk berbagai budaya dan kuliner Indonesia.

Paviliun Indonesia dibangun atas dasar konsep Unity in Diversity. Paviliun Indonesia dibungkus dengan tambal sulam berbagai kerajinan tekstil tradisional batik Indonesia. Di dalamnya, memberikan pengalaman perjalanan interaktif masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Baca juga : Lakukan Inovasi Di Bidang Kelistrikan, Indonesia Power Banjir Penghargaan

Lebih dari 300 produk UMKM akan ditampilkan sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah kepada 64 juta UMKM Indonesia untuk go global.

Kata Mendag, Paviliun Indonesia jug menampilkan para kapten industri dan para juara ekonomi digital. Selanjutnya, akan dilakukan presentasi dengan meluncurkan kampanye gastrodiplomatic, yakni kampanye membumbui dunia yang akan dilaksanakan akhir tahun ini.

"Selama periode pameran, kami juga akan menyelenggarakan serangkaian program untuk menyajikan kekayaan negara kami. Sejumlah 26 tema mingguan dan lebih dari 75 forum bisnis dalam format hibrida siap diselenggarakan. Kegiatan tersebut juga didukung oleh 22 kementerian dan lembaga, 8 pemerintah provinsi, dan mitra-mitra perusahaan kami," ungkapnya.

Menurut dia, keikutsertaan Indonesia pada Expo 2020 Dubai ini juga akan membuat dunia mengakui komitmen Indonesia yang turut ambil bagian terkait isu-isu global.

Baca juga : Gagal Di Olimpiade, Marcus/Kevin Ngebet Bawa Pulang Piala Sudirman Ke Indonesia

Selain itu, juga menegaskan kembali komitmen kita untuk bekerja mewujudkan kesejahteraan planet kita dengan fokus pada pembangunan berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim.

"Kita tidak boleh lagi mengabaikan potensi besar bangsa kita untuk rakyat Indonesia sendiri dan untuk dunia. Dengan semangat Creating the Future, From Indonesia to the World, kami berkontribusi secara global bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik," pesannya.

Kata Lutfi, setiap pameran bertaraf dunia, menandai adanya zaman baru dalam masyarakat global. Hal tersebut bertujuan menciptakan masa depan dunia yang baru. Indonesia merasa terhormat menjadi bagian dari perjalanan sejarah ini.

Duta Besar untuk UEA Husin Bagis menambahkan, Paviliun Indonesia dalam Expo 2020 Dubai adalah ajang untuk menampilkan kebolehan dan potensi Indonesia ke dunia. Hal ini diharapkan dapat turut mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.