Dark/Light Mode

Bareng SRE, RM Gelar Webinar Road To COP26

Menteri Siti Percaya, Milenial Mampu Hadapi Tantangan Perubahan Iklim

Rabu, 6 Oktober 2021 18:55 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam Webinar Road to COP26: Indonesian Youth Determination in Climate and Clean Energy Actions, Rabu (6/10). (Foto: YouTube)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam Webinar Road to COP26: Indonesian Youth Determination in Climate and Clean Energy Actions, Rabu (6/10). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Generasi milenial dinilai berperan penting dalam keikutsertaan membangun bangsa dan negara.

Paparan Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2020 menyebutkan, dari total keseluruhan populasi rakyat Indonesia itu didominasi generasi milenial. Karenanya, peran pemuda dalam membangun bangsa perlu digencarkan. 

Baca juga : Menteri Siti: Ide Brilian Dan Sangat Strategis, Langsung Menohok Jantung Persoalan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK), Siti Nurbaya Bakar di acara diskusi virtual Rakyat Merdeka bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan, saat ini generasi milenial mulai menggeliat dalam agenda perubahan iklim. 

"Ciri-cirinya berani mengemukakan pendapat, kemampuan menyerap, menilai dan memberikan gagasan baru yang inovatif, serta kreatif memiliki ide out of the box," kata Siti Nurbaya dalam acara yang bertemakan 'Tekad Generasi Muda Indonesia dalam Aksi Iklim dan Energi Bersih', Rabu (6/10). 

Baca juga : Petani Diminta Bisa Beradaptasi Dengan Perubahan Iklim

Selain itu, di dalam tubuh generasi milenial tumbuh kepribadian yang sangat kompleks. Oleh karena itu, mudah bagi generasi milenial menghadapi tantangan untuk beradaptasi dalam aksi penanggulangan iklim. 

"Generasi Z itu mobilitasnya tinggi, dinamis, penuh energi, dan senantiasa bergerak. Sosialnya tinggi, peduli dan tanggap dengan kejadian di sekitar. Serta memiliki kemurnian idealisme dan mandiri mencoba melakukan uji coba, mencari dan memberi contoh, dan mau memengaruhi orang lain dan berbagi pengetahuan," jelas politisi NasDem itu. 

Baca juga : Perusahaan Asuransi Harus Mampu Majukan Kesejahteraan Umum

Selain itu, dia optimis generasi muda Indonesia mampu mencegah perubahan iklim dan mendukung energi besi. Hal ini tentunya, lanjut Siti, dapat memberikan perluasan persepektif tentang peranan sektor energi dan generasi muda dalam mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca. Pun, dalam peningkatan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim yang sangat menentukan di tingkat lokal, nasional, maupun global.

"Ini memberikan contoh keteladanan bagi berbagai elemen lainnya untuk bangsa ini, sekaligus dapat memengaruhi upaya konstruktif membangun bangsa dan negara Indonesia. Kita merestui langkah-langkah ini bagi kemajuan bangsa," tutur mantan Sekjen DPR itu. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.