Dark/Light Mode

Politeknik Negeri Jember Juara Umum AITEC III

Kemendikbudristek: Kompetisi Serupa Harus Lebih Banyak Dilakukan

Minggu, 10 Oktober 2021 14:38 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
AITEC sendiri merupakan lomba yang cukup bergengsi untuk seluruh politeknik negeri dan universitas yang membidangi di bidang pertanian. AITEC III 2021 merupakan gelaran kompetisi ketiga kali sejak 2017 lalu.

Setelah sempat vakum pada 2019 dan 2020 akibat pandemi Covid-19, AITEC kembali digelar tahun ini. Pada AITEC 2021, setidaknya diikuti oleh 19 perguruan tinggi negeri dan swasta, di mana 18 di antaranya merupakan perguruan tinggi vokasi.

Baca juga : Aturan Penerima Dana BOS Kemendikbudristek Bertentangan Dengan UUD 1945

Adapun jumlah peserta mencapai 327 mahasiswa. Di babak awal, seleksi peserta dilakukan secara daring, hingga menyisakan sekitar 15 peserta di babak final yang diselenggarakan secara luring.

Dalam kompetisi tersebut, terdapat dua kategori kompetisi, yaitu Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian dan Kontes Vokasi Bidang Pertanian.

Baca juga : Pengelolaan Sumber Daya Kemaritiman Perlu Lebih Dioptimalkan

Untuk kontes vokasi bidang pertanian terdiri dari Kontes Teknik Okulasi Tanaman, Kontes Formulasi Pakan Ternak dan Ikan, Kontes Menggambar Teknik Alat/Komponen Pertanian dengan AutoCAD, Kontes Penyuluhan Pertanian, Kontes Desain Kemasan Produk Hasil Pertanian, Kontes Teknik Proses Fillet Ikan dan Kontes Teknik Proses Karkas Ayam.

Saat membuka acara, Direktur Akademik Perguruan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset Dan Teknologi (Kemendikbudristek) Beny Bandanadjaya mengatakan, sebagai ajang kompetisi, AITEC berperan penting sebagai salah satu tolok ukur kompetensi mahasiswa PTV.

Baca juga : Emirsyah Satar Harus Siap, Sebentar Lagi Bakal Ditahan

"Para peserta yang hari ini berkompetisi di Babak Final AITEC III, sejatinya sudah menjadi pemenang serta termasuk mahasiswa yang mempunyai kompetensi unggul," tutur Beny.

Dia pun berharap, kompetisi serupa AITEC harus lebih banyak dilakukan. Selain bertujuan untuk menyeleksi kompetensi mahasiswa, kegiatan kompetisi juga akan menguatkan komunikasi dengan dunia industri, sehingga akan terjadi simbiosis mutualisme untuk mendukung pembangunan yang semakin kompetitif terutama di era revolusi industry 4.0. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.