Dark/Light Mode

Covid-19 Di PON Papua Tembus 83 Kasus

Makan Dan Tidur Bareng Diduga Jadi Penyebabnya

Selasa, 12 Oktober 2021 07:20 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers terkait PPKM, Senin (11/10/2021). (Foto: YouTube Setkab)
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers terkait PPKM, Senin (11/10/2021). (Foto: YouTube Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penularan Covid-19 di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua makin tinggi. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin membeberkan, sampai Minggu (10/10), tercatat 83 kasus positif virus Corona. Kasus terpusat di beberapa cabang olahraga (cabor).

“Terjadi konsentrasi di beberapa cabor, seperti judo, sepatu roda, motorcross, panahan dan kriket,” ungkap Budi dalam konferensi pers, kemarin.

Baca juga : PON XX Papua Lebih Baik Tanpa Penonton

Selain terpusat di sebagian cabor, kasus juga terkonsentrasi di atlet dari beberapa provinsi. Di antaranya, asal DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi dan Bali.

Hasil pengamatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penularan ini diduga kuat terjadi lantaran dua faktor.

Baca juga : Satgas Pastikan Tidak Ada Lonjakan Corona

Pertama, tempat menginap. Satu kamar, ditempati empat atlet. Sementara yang kedua, aktivitas makan bersama.

Budi pun meminta Satgas Covid-19 setempat diberikan wewenang lebih agar bisa meningkatkan disiplin protokol kesehatan dalam gelaran pesta olahraga lima tahunan itu.

Baca juga : Ini Peran 5 Terlapor Kasus Dugaan Pelecehan Dan Bullying Pegawai KPI

Soalnya, diungkapkan eks Direktur Utama Bank Mandiri itu, ada tujuh atlet terinfeksi Corona yang sudah keluar dari tempat isolasi sebelum dinyatakan negatif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.