Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sulap Pembuangan Sampah Jadi Wisata Alam

Bumdes Sekapuk Raih Miliaran Rupiah

Jumat, 15 Oktober 2021 20:11 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi Desa Wisata Setigi milik Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Jumat (15/10). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi Desa Wisata Setigi milik Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Jumat (15/10). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kreativitas dan inovasi menjadi kunci penting dalam percepatan pembangunan desa. Seperti kreativitas dan inovasi warga Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang mampu menyulap tempat pembuangan sampah menjadi destinasi wisata nan menarik.

Setigi namanya, merupakan desa wisata yang dibangun dari bekas galian tambang batu kapur dan sempat menjadi tempat pembuangan sampah. Kemudian, disulap menjadi destinasi wisata yang indah dan instagramable.

"Saya salut atas kreativitas dan inovasi dari perangkat dan warga desa Sekapuk yang mampu melihat peluang dan potensi wilayah mereka. Sehingga bekas galian tambang dan sempat menjadi tempat pembuangan sampah (TPS), bisa berubah menjadi destinasi wisata yang bisa menjadi sumber pendapatan desa," ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Berita Terkait : Sampai Di Jakarta, Atlet Dan Pengurus Kontingen PON Papua Bakal Jalani Karantina

Hal itu diungkapkam Halim saat mengunjungi Desa Wisata Setigi milik Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jumat (15/10).

Dia menjelaskan, desa-desa di Indonesia mempunyai potensi luar biasa dalam mengembangkan pariwisata berbasis alam.

Selama ini potensi-potensi tersebut belum diolah menjadi sebuah kekuatan karena minimnya kreativitas dan inovasi.

Berita Terkait : Tumbangkan Aceh, Emas Sepakbola PON Milik Tuan Rumah

Kemendes PDTT pun saat ini terus mendorong desa-desa di Indonesia berlomba menggali potensi wisata berbasis alam agar bisa menjadi sumber pendapatan asli desa.

"Inilah yang selalu saya katakan, kalau mau membuat desa wisata buatlah desa wisata alam karena tidak dibatasi umur, ini sampai anak cucu kita masih seneng karena alami," tuturnya.

Menurut Menteri Halim, Setigi merupakan desa wisata yang patut dicontoh oleh desa-desa lainnya di Indonesia. Sebab, Setigi memanfaatkan keindahan alam dan menjaga kearifan lokal setempat.

Berita Terkait : Eks Dirut Pembangunan Sarana Jaya Segera Jalani Sidang

Selain itu dengan manajemen pengelolaan yang bagus dari perangkat desanya, desa wisata tersebut mampu memberikan sumber pemasukan bagi kas desa.

"Saya mengajak semua warga desa, sahabat desa untuk datang ke sini, baik itu aparat desa pengurus BUMDes, pengelola desa wisata, disamping berwisata silahkan belajar dari pengalaman Pak Kades Sekapuk dalam melakukan inovasi," tutur Halim.
 Selanjutnya