Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Holding Perkebunan PTPN III Naik Peringkat Di Ajang Anugerah KIP

Rabu, 27 Oktober 2021 21:23 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) mendapatkan Peringkat "Cukup Informatif" pada ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik pada Tahun 2021 dengan nilai 78,41.

Peringkat "Cukup Informatif" diperoleh PTPN III (Persero) setelah sebelumnya dilakukan 3 tahap penilaian oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) RI.

Penilaian tersebut yaitu, pengisian kuesioner terhadap implementasi UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, penyampaian video mengenai inovasi dan kolaborasi dalam keterbukaan informasi, serta sesi presentasi atau wawancara yang dinilai juri independen.

Hasil ini, merupakan kenaikan peringkat. Pada tahun 2019 KIP menetapkan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) sebagai Badan Publik yang "tidak informatif".

Baca juga : PTPN III Naik Peringkat dalam Keterbukaan Informasi Publik

Selanjutnya pada tahun 2020, perusahaan mulai berbenah dan setelah dilakukan proses monitoring dan evaluasi oleh KIP, PTPN III (Persero) naik satu tingkat sehingga masuk dalam kategori BUMN yang "Kurang Informatif" dengan nilai 49,83.

Penyerahan anugerah terhadap hasil monitoring dan evaluasi (monev) tersebut, dilaksanakan secara hybrid, serta disaksikan langsung Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya, Ma'ruf mengapresiasi KIP yang telah mengawasi pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik terhadap Badan Publik.

"Pengawasan demi meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggara negara," ujarnya, dikutip dari siaran pers Holding PTPN III, Rabu (27/10).

Baca juga : Indonesia Targetkan Peringkat 40 Besar Kemudahan Berusaha

Sementara itu Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) Abdul Ghani mengungkapkan komitmen perusahaan dalam melakukan transformasi Keterbukaan Informasi Publik.

"Kami terus meningkatkan Keterbukaan Informasi baik mengenai kebijakan, standar operasional prosedur maupun data dan informasi untuk memenuhi kebutuhan publik," ungkap Ghani.

Seiring dengan transformasi, Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) terus berinovasi dan menunjukkan keberhasilannya baik dari aspek finansial dan operasional.

Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) berkomitmen untuk dapat terus mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) khususnya pada prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Baca juga : Menteri LHK Dorong Terobosan Tiingkat Tapak Demi Capai Target Emisi

“Kami akan terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas serta komunikasi kepada publik, hal ini sejalan dengan program transformasi yang dijalankan," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.