Dark/Light Mode

Sumpah Pemuda, Gus Halim Ajak Pemuda Bangkitkan Ekonomi Desa

Kamis, 28 Oktober 2021 17:12 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
Gus Halim mengungkapkan, banyak produk unggulan desa yang membutuhkan bantuan pemasaran. Saat ini banyak desa-desa wisata dengan berbagai fasilitas sarana memadai yang belum banyak diketahui calon pelancong.

Selain itu banyak produk pertanian, perkebunan, maupun perikanan yang berkualitas tetapi dihargai rendah karena pemasarannya harus melalui tengkulak.

Baca juga : Menpora: Hari Sumpah Pemuda Momentum Perekat Persatuan Bangsa

"Jika anak-anak muda melalui media sosialnya bisa memangkas rantai distribusi ini dalam arti konsumen sebagi end user langsung bisa membeli produk dari petani atau melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) makan sangat membantu peningkatan ekonomi desa," ucap Gus Halim.

Selain untuk membantu meningkatkan ekonomi desa, anak-anak muda juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat kontrol penggunaan dana desa.

Baca juga : Gandeng PMI DKI, Solmet DPD Jaksel Gelar Donor Darah

Menurutnya kontrol terhadap penggunaan dana desa sangat penting agar berbagai program kerja berbasis dana desa bisa benar-benar dinikmati masyarakat.

"Kami yakin anak-anak muda sangat dibutuhkan peran aktif dan kiprahnya dalam mengawal dan mempercepat pembangunan desa," tutupnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.