Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KKP Lirik Kapal Listrik Denmark Untuk Perikanan Tangkap

Kamis, 28 Oktober 2021 20:26 WIB
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: Ist)
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono menjajaki potensi pemanfaatan inovasi kapal listrik untuk perikanan tangkap guna mendukung prinsip ekonomi biru. Dia pun menjajal kapal ferry Ellen yang melayani rute penyeberangan dari Sonderborg ke Aeroskobing, Denmark, bersama Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Denmark Merangkap Republik Lithuania Dewi Savitri Wahab,  Kamis, (28/10).

"Saya tertarik memanfaatkan potensi tenaga listrik diterapkan untuk kapal perikanan di Tanah Air sesuai dengan prinsip ekonomi biru," kata Trenggono dalam keterangannya. Kapal yang ditumpangi tersebut, ungkapnya, menerapkan prinsip ramah lingkungan dan hemat energi dengan tenaga listrik.

Baca juga : Menpora: Hari Sumpah Pemuda Momentum Perekat Persatuan Bangsa

"Ini adalah sebuah inovasi yang ramah lingkungan. Dari keterangan pembuat kapal, pihak OMT (Odense Maritime Technology), menyatakan inovasi ini efektif mengurangi emisi," tuturnya.

Trenggono menambahkan, dalam diskusi dengan pihak galangan di negara tersebut, tenaga listrik diterapkan pada kapal dengan jarak tempuh dan waktu operasional yang lebih lama, seperti jenis kapal perikanan. "Saya akan diskusi dengan Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) bagaimana wujudkan ini," janjinya.

Baca juga : Adik Eks Bupati Lampung Utara Ikut Atur Pemenang Lelang Proyek

Sementara itu, Dubes Dewi Savitri Wahab menambahkan, kedua negara dianggap memiliki karakter yang sama yakni negara maritim dengan banyak pulau yang memerlukan konektivitas laut.

"Pengalaman Denmark membangun kapal bertenaga listrik diharapkan dapat dikerjasamakan yang saling menguntungkan bagi kedua negara, khususnya pengembangan tenaga listrik untuk kapal perikanan," harapnya.

Baca juga : Mentan Beri Bantuan Rp 120 Miliar Untuk Petani NTB

Ia menjelaskan, transportasi laut merupakan salah satu konsumen terbesar bahan bakar fosil. Menurut laporan baru-baru ini oleh firma riset pasar IDTechEx, kapal listrik memiliki baterai terbesar. Untuk skala baterai, IDTechEx menawarkan ukuran rata-rata baterai EV, yang di Amerika Serikat adalah 67 kWh. Kemudian ada kapal feri Ellen di Denmark, yang ditenagai oleh baterai dengan total kapasitas 4.300 kWh. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.