Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPIP Resmikan Klinik Pancasila Di Lapas-Rutan Lampung

Sabtu, 6 November 2021 13:54 WIB
Peresmian Klinik Pancasila oleh BPIP di Lapas dan Rutan di Lampung, Kamis (4/11). (Foto: Dok. BPIP)
Peresmian Klinik Pancasila oleh BPIP di Lapas dan Rutan di Lampung, Kamis (4/11). (Foto: Dok. BPIP)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan yang sama, Plt. Kakanwil Kemenkumham Lampung Iwan Santoso menyampaikan, Klinik Pancasila merupakan sarana komunikasi positif antara para warga binaan dengan petugas. “Warga binaan dapat lebih memahami bagaimana menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila di lingkungan Lapas dan Rutan," ujar Iwan.

Menurutnya, program Klinik Pancasila sangat tepat diterapkan di lingkungan Pemasyarakatan, pendekatan pembinaan perlu lebih mengedepankan sikap toleransi, saling pengertian, tetap sabar untuk tetap mematuhi peraturan yang pada akhirnya diharapkan menjadi warga negara yang baik berdasarkan Pancasila. "Tidak hanya diceramahkan tetapi sudah dipraktikkan, mereka dengan kreatifitasnya dilatih mengaktualisasikan potensi bakat keterampilan, bakat seninya dan lain-lain," kata Iwan.

Baca juga : Terima Srikandi Pemuda Pancasila, Bamsoet Dorong Kepemimpinan Perempuan

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Lampung Farid Junaedi mengatakan, Klinik Pancasila menanamkan nilai-nilai Pancasila di dalam Lapas. "Ada nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa yang ditanamkan melalui kegiatan keagamaan di Lapas dan Rutan," kata Farid.

Kemudian, menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Di mana, warga binaan saling berbagi kamar dan tidur secara adil. Ada juga nilai-nilai persatuan yang ditunjukkan oleh warga binaan. Walaupun, mereka berasal dari suku dan daerah yang berbeda. 

Baca juga : PELNI Kembali Operasikan Dua Kapal Rute Karimunjawa

Kemudian, ada nilai keadilan sosial yang tercermin dari rasa persaudaraan yang tinggi. Ini dilakukan tanpa mengenal kelas sosial. "Berdasarkan hal tersebut, Kanwil Kemenkumham Lampung melalui Divisi Pemasyarakatan menilai penting keberadaan Pancasila dan pembinaannya," kata Farid.

Farid Junaedi meyakini, Klinik Pancasila menjadi sarana pembinaan Pancasila. Sehingga nilai-nilai kebangsaan yang ditanamkan ke warga binaan bisa membuat mereka menjadi duta Pancasila ketika sudah kembali ke masyarakat. "Ini komitmen kami dari jajaran Divisi Pemasyarakatan untuk melakukan pembinaan ideologi Pancasila yang merupakan ideologi bangsa," tambah Farid.

Baca juga : Implementasi Pancasila Kurang, Kasus Perceraian Melonjak

Untuk mewujudkan itu, Farid berharap seluruh petugas dan pimpinan Lapas dan Rutan di Lampung, untuk saling bersinergi dalam Klinik Pancasila. Sehingga, sosialisasi penanaman nilai-nilai Pancasila di Lapas dan Rutan memberikan manfaat. "Saya berharap semua warga binaan di wilayah Lampung yang berjumlah 8.927 orang ini semuanya tersentuh dengan nilai-nilai Pancasila," kata Farid.

Berdasarkan pantauan di salah satu Klinik Pancasila di Lapas Kelas II A Kalianda, Klinik Pancasila berbentuk sebuah ruangan. Di dalamnya, ada poster-poster tentang Pancasila dan foto-foto para pendiri bangsa. Selain itu, ada juga buku-buku dan majalah tentang Pancasila yang bisa dibaca oleh para warga binaan. Selain itu, di ruang ini juga menjadi tempat pembinaan Pancasila oleh para petugas Lapas kepada para warga binaan. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.