Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menteri Basuki Ingin Jalan Bypass Mandalika Lebih Cantik

Jumat, 12 Nopember 2021 14:31 WIB
Jalan Bypass Mandalika (Foto: Antara)
Jalan Bypass Mandalika (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Sirkuit Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11). Sirkuit panjang 4,3 kilometer ini akan menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022.

Selain Sirkuit Mandalika, Jokowi juga meresmikan beroperasinya Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika sepanjang 17,3 kilometer. "Jalan ini menghubungkan antara Bandara Internasional Lombok dengan kawasan Mandalika telah selesai dibangun dan digunakan, sehingga jarak tempuh antara bandara dan Mandalika bisa menjadi 15 menit saja," ucap Jokowi.

Berita Terkait : Pengamat Ingatkan, Relawan Jangan Seperti Makelar Politik

Untuk mendukung kesiapan Sirkuit Mandalika, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ingin mempercantik Jalan Bypass Mandalika. Usai meninjau beberapa titik pada jalan sepanjang 17,36 kilometer tersebut, Basuki berpesan ke para pekerja agar lereng, bahu, dan median betul-betul ditangani dengan rapi dan tidak meninggalkan sisa pekerjaan. Sebab, jalan ini berada di lokasi wisata.

"Pekerjaan Kementerian PUPR harus seperti ini, harus rapi dan tentunya kualitas dijaga. Saya lihat finalisasinya sudah bagus, baik kondisi jalan maupun bahunya sudah rapi walau tanpa perkerasan," kata Basuki, dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11).

Berita Terkait : Menteri Basuki Bakal Tertibkan Warung Di Jalan Bypass Bil- Mandalika

Basuki menambahkan, nantinya akan dilakukan penghijauan di sepanjang ruas jalan untuk meningkatkan keindahan. Median dan bahu jalannya akan ditanami rumput, termasuk lereng juga dilakukan penghijauan, agar tidak terlihat kering. [NOV]