Dark/Light Mode

Cegah Gelombang Ketiga Covid-19, Kemkominfo Dan Gerakan Pramuka Gelar Kompetisi IG Challenge

Senin, 15 November 2021 14:45 WIB
Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kemkominfo, Hasyim Gautama. (Foto: Ist)
Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kemkominfo, Hasyim Gautama. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Demi mencegah kenaikan kasus Covid-19 menjelang libur hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), pemerintah perlu kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan (prokes). 

Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Hasyim Gautama mengatakan, Kemkominfo terus berusaha menyebarluaskan informasi penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Kita mesti waspada gelombang ketiga Covid-19. Dua gelombang pertama didahului libur," ujarnya dalam acara Penguatan Gerakan Pramuka yang diselenggarakan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bersama Komite Penanganan Covid-19 dan Pemuliham Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Kementerian Kominfo.

Baca juga : Giliran Partai Buruh Gelar Konvesi Capres

Keterlibatan semua pihak, termasuk Gerakan Pramuka ini, kata Hasyim, diharapkan dapat memperluas cakupan vaksinasi dan meningkatan kesadaran pembatasan pergerakan yang diprediksi meningkat selama liburan Natal dan Tahun baru.

Diingatkannya, perluasan vaksinasi dan pembatasan pergerakan masyarakat menjadi salah satu kunci pencegahan gelombang ketiga Covid-19.

Anggota Gerakan Pramuka dari tingkat siaga hingga pembina diajak membuat video pendek yang diunggah ke akun Instagram masing-masing. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menyampaikan informasi yang lebih bisa diterima masyarakat dan lebih komunikatif melalui pesan-pesan yang kreatif di sosial media. Peserta yang berminat dapat membaca perincian lomba di https://s.id/juknispramuka1411. 

Baca juga : Cegah Gelombang Ke-3 Covid-19, Pemerintah Tetapkan Kebijakan Lintas Kementerian

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, Gerakan Pramuka yang merupakan agen perubahan, bisa memberikan harapan melalui kompetisi ini.

Semua anggota dan pembina Pramuka bisa lebih aktif mengajak orang di sekitarnya agar mau divaksinasi dan dapat mencegah mobilitas warga pada momentum Natal dan Tahun Baru demi mencegah gelombang 3.

“Pendekatan komunikasi dari orang-orang sekitar diharapkan bisa meningkatkan penerimaan pada vaksinasi dan membuat gerak orang terbatas saat natal dan tahun baru,” ujar Nadia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.