Dark/Light Mode

Jadi Tuan Rumah Muktamar Muhammadiyah 2027, UMSU Bangun Tower Rp 250 M

Sabtu, 23 Desember 2023 15:36 WIB
Peletakan batu pertama pembangunan gedung 17 lantai Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sabtu (23/12). (Foto: Istimewa)
Peletakan batu pertama pembangunan gedung 17 lantai Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sabtu (23/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bersama Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sumatera Utara (Sumut) akan menjadi tuan rumah Muktamar ke-49 Muhammadiyah pada 2027. Hal ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Haedar Nashir, saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Tower UMSU 17 lantai di Kampus UMSU, Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Sabtu (23/12).

Kegiatan ini juga dihadiri Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu'ti, yang langsung menyerahkan surat keputusan pelaksanaan muktamar kepada Ketua PW Muhammadiyah Sumut Prof Hasyimsyah Nasution didampingi Rektor UMSU Prof Agussani.

Haedar menegaskan, pemilihan UMSU jadi tuan rumah muktamar ke-49 adalah hasil Rapat Pleno PP Muhammadiyah pada 13 Desember 2023. ''Inti acara hari ini penyerahan SK pelaksanaan muktamar di Sumut,'' ujarnya.

Baca juga : Bagi-Bagi Tugas, Prabowo Ke Acara Muhammadiyah, Gibran Ke NU

Terkait pembangunan tower, Haedar bangga pada keluarga besar UMSU. Ia pun meminta gedung tersebut dapat segera diselesaikan karena akan menjadi arena Muktamar Muhammadiyah 2027.

Ia juga meminta jajaran perserikatan Muhammadiyah di Sumut untuk terus utuh bersatu. ''Muktamar merupakan tonggak bagi penguatan akselarasi Muhammadiyah sebagai gerakan Islam berkemajuan. Ini era abad kedua perjalanan Muhammadiyah,'' tegas Haedar.

Dia juga menggariskan pentingnya pembinaan keagaman sejak dini pada para generasi milenial. ''Kita harus dengan tekun dan sabar membina akhlak mereka,'' imbuh Haedar, seraya meminta agar semua pihak dapat menunjukan keteladanan.

Baca juga : Jadi Tuan Rumah AeHIN General Meeting 2023, Puluhan Delegasi Asing Apresiasi Program JKN

Rektor UMSU Prof Agussani berterima kasih atas dukungan pembangunan tower yang telah lama direncanakan. Dia menyatakan kesiapan UMSU bersama PW Muhammadiyah untuk menjadi tuan rumah muktamar empat tahun mendatang.

Agussani menambahkan, kerja cepat untuk pembangunan tower yang dilengkapi auditorium berkapasitas 6.800 undangan, 120 ruang kuliah, dan 25 ruang perkantoran adalah bagian penting dalam penataan kampus menjawab tantangan masa depan.

Tower bernilai lebih Rp.250 milliar yang dibangun selama 36 bulan ini, lanjut dia, mengusung ciri khas budaya kearifan lokal dari Melayu, Mandailing, Batak, dan Padang. Kemudian material bangunan ramah lingkungan hidup. ''Awal tahun 2027, tower ini sudah dapat digunakan,'' katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.