Dark/Light Mode

Ikatan Alumni UIN IKALUIN Jakarta Angkatan 97 Peduli Yatim Piatu dan Dhuafa

Sabtu, 20 Januari 2024 22:22 WIB
Panitia, donatur bersama para penetima manfaat foto bersama dalam acara Silaturahmi dan Tanda Kasih Keluarga Alumni Angkatan 97 UIN Jakarta, di Aula Student Center UIN Syahid Jakarta, Sabtu (20/1/2024). (Foto: Istimewa)
Panitia, donatur bersama para penetima manfaat foto bersama dalam acara Silaturahmi dan Tanda Kasih Keluarga Alumni Angkatan 97 UIN Jakarta, di Aula Student Center UIN Syahid Jakarta, Sabtu (20/1/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Silaturahmi atau reuni alumni bisa difungsikan tidak sekadar ajang untuk temu kangen atau kumpul-kumpul belaka. Lebih dari itu, juga bisa memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Ketua Ikatan Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (IKALUIN Jakarta) Angkatan 97, Hena Rustiana, saat memberikan sambutan pada Kegiatan “Silaturahmi dan Tanda Kasih Keluarga Alumni Angkatan 97 UIN Jakarta", di Aula Student Center UIN Syahid Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Alumni angkatan 97 yang hadir cukup beragam. Ada dari unsur pemerintah, profesional, pegiat kemanusiaan, pengusaha, pegawai swasta dan lainnya.

Acara ini terselenggara atas inisiatif Alumni Angkatan 97 UIN Jakarta, didukung Pengurus Pusat IKALUIN Jakarta, serta para donatur, baik perorangan dari para alumni Angkatan 97 UIN Jakarta dan lembaga seperti Baznas, Yakesma, Laz Al Azhar, Dompet Dhu'afa, Cing Ikah Gallery, dan BSI Maslahat.

Baca juga : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta Siap Luncurkan Prodi Doktor KPI

Dari semua donatur itu terkumpul dana sebesar Rp 141.500.000. Rinciannya: Rp 77 juta dari lembaga donatur dan Rp 64,5 juta dari alumni UIN Jakarta angkatan 97.

Dana itu kemudian disalurkan ke 168 penerima manfaat yang terdiri dari anak-anak yatim piatu dan janda-janda dhu'afa dari para alumni UIN Jakarta dan juga anak anak yatim piatu binaan alumni.

Dari 168 penerima manfaat tersebut, 60 penerima manfaat hadir di lokasi acara. Sisanya, akan diberikan santunan langsung secara door to door.

Dari pihak donatur yang hadir adalah Rahmatullah Siddiq dari Laz Al Azhar, Hadi dari Yakesma (Yayasan Kesejahteraan Madani), Faisal Qosim dari Baznas, dan Siti Barkah Hasanah dari Cing Ikah Gallery dan sebagian donatur dari alumni angkatan 97.

Baca juga : Jangan Panik, Perkuat Imun Dan Hidup Sehat

Hena menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur atas sumbangsihnya ini. Dia juga menyampaikan apresiasi tak terhingga kepada panitia dan seluruh Alumni UIN Jakarta Angkatan 97 yang terlibat mensukseskan acara ini.

"Semoga Allah SWT meridhai dan membalas semua amal kita semua," tutur Hena.

Ketua Panitia Pelaksana Silaturahmi dan Tanda Kasih Keluarga Alumni UIN Angkatan 97 Jakarta, Siti Nurjannah, menyatakan bahwa awalnya santunan ini hanya untuk anak-anak yatim piatu dari alumni 97 saja. Tetapi, setelah berkonsultasi dengan Dewan Pembina IKALUIN 97 Muhibbuddin Alawy, manfaat perlu dirasakan dalam skup yang lebih luas lagi, sehingga panitia berupaya merangkul seluruh yatim piatu di lingkungan Alumni UIN Jakarta.

Siti Nurjannah mengungkapkan rasa salutnya kepada panitia yang begitu gigih dan rela berkorban harta dan tenaga untuk menyukseskan acara ini. "Panitia tak kurang dari 10 kali rapat, pindah-pindah tempat, dengan menggunakan akomodasi sendiri, membawa konsumsi sendiri agar acara ini sukses terselenggara," jelasnya.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Besok Di Jakarta, Apa Hujan Atau Panas, Ini Ramalan BMKG

Ikut memberikan sambutan dari pihak donatur adalah Direktur penghimpunan Zakat Baznas, Faisal Qosim. Faisal mengapresiasi dan mendukung acara ini. "Memberikan perhatian ke anak-anak yatim adalah hal yang baik," kata Faisal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.