Dark/Light Mode

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta Siap Luncurkan Prodi Doktor KPI

Selasa, 16 Januari 2024 20:30 WIB
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta mengadakan diskusi dan rapat perdana membahas pembentukan Prodi Doktoral KPI, di Ciputat, Selasa (16/1). (Foto: Istimewa)
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta mengadakan diskusi dan rapat perdana membahas pembentukan Prodi Doktoral KPI, di Ciputat, Selasa (16/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan diskusi dan rapat perdana untuk membahas pembentukan Program Studi Doktoral Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), di Ciputat, Selasa (16/1). Program ini dianggap sangat strategis, mengingat UIN Jakarta sebagai pelopor perguruan tinggi keagamaan Islam yang telah menghasilkan ribuan doktor yang tersebar di Indonesia dan luar negeri.

Alumni tingkat doktor UIN Jakarta telah memberikan kontribusi signifikan dalam wacana ke-Islaman, ke-Indonesiaan, dan modernisasi. Salah satu dampaknya adalah peningkatan reputasi riset dan kualitas lembaga pendidikan tinggi keagamaan maupun non-keagamaan di Indonesia.

Baca juga : Relawan KOPI Jabar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Dari segi keilmuan, kehadiran Program Doktor KPI di lingkungan UIN Jakarta, meski bukan yang pertama di Indonesia, bisa memberikan warna baru pada studi dan riset tentang komunikasi dan penyiaran Islam di tingkat nasional dan internasional.

Secara kelembagaan, UIN Jakarta telah memiliki Jurusan KPI tingkat sarjana (S1) yang peminatnya sangat tinggi, bahkan dapat menjadi salah satu jurusan terfavorit di tingkat Jakarta. Selain itu, program Magister KPI (S2) juga telah menjadi sorotan dengan animo yang besar dari para calon mahasiswa setiap tahunnya.

Baca juga : Oakwood Suites Kuningan Jakarta Siap Gelar Pasta Picasso Kids Cooking Class

Keberlanjutan program ini diharapkan dapat memberikan peluang bagi mereka yang telah menyelesaikan tingkat sarjana atau magister untuk melanjutkan studi ke tingkat doktoral.

Dalam forum perdana ini, Guru Besar Ilmu Komunikasi UIN Jakarta Profesor Andi Faisal Bakti bersama Guru Besar Sejarah Ilmu Dakwah Profesor Murodi, serta dan jajaran dekanat serta tim panitia pembentukan Prodi S3 KPI, menjelaskan urgensi dan tujuan dari program ini. Wahyu Prasetiawan, salah satu anggota tim pembentukan Prodi S3 KPI, menyoroti aspek kelembagaan dan kekuatan dari program ini.

Baca juga : Wedangan Bareng Komunitas, Alam Ganjar Harap Anak Muda Makin Produktif

Sementara, Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Gun Gun Heryanto, menekankan bahwa kehadiran Program Doktor KPI akan memberikan warna baru pada studi komunikasi dan penyiaran Islam, terutama dalam studi Islamic Media and Communication. Dengan langkah ini, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta siap meluncurkan Program Studi Doktoral KPI guna memperkuat kelembagaan dan memberikan kontribusi positif pada perkembangan studi Islam di Indonesia dan dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.