Dark/Light Mode

MPR Puji Penyelenggaraan Haji 2024 Lebih Baik dari Tahun-tahun Sebelumnya

Kamis, 20 Juni 2024 23:55 WIB
Wakil Ketua MPR Yandri Susanto. (Foto: MCH 2024)
Wakil Ketua MPR Yandri Susanto. (Foto: MCH 2024)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Yandri Susanto memuji penyelenggaraan ibadah haji 2024. Kata politisi PAN ini, penyelenggaraan haji 2024 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Indikator untuk mengukurnya sangat jelas dan mudah dilihat.

Yandri mengaku memantau penyelenggaraan haji sejak awal. Dari mulai pemberangkatan dari Tanah Air, kedatangan kelompok terbang (kloter) pertama sampai terakhir di Tanah Suci, hingga pelaksanaan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

"Saya berkesimpulan, pelaksanaan haji tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu. Ukurannya sangat jelas dan masyarakat gampang melihatnya,” ucap mantan Ketua Komisi VIII DPR ini, di Syisah, Makkah, Rabu (19/6/2024).

Baca juga : Muhadjir: Pemberantasan Judi Online Lebih Rumit Daripada TPPO

Yandri lalu menyebut sejumlah indikator sukses penyelenggaraan haji tahun ini. Misalnya, pergerakan jemaah di Muzdalifah lancar. Angka wafat dan rawat jemaah juga menurun dibanding tahun sebelumnya.

“Tahun lalu ada tragedi Muzdalifah, sekarang alhamdulillah tidak ada. Dulu banyak yang meninggal, bahkan hampir mencapai angka 800, sekarang jauh menurun,” imbuhnya.

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), per 20 Juni 2024, pukul 12.30 Waktu Arab Saudi, total jemaah wafat berjumlah 193 orang.

Baca juga : Anwar Abbas: Untuk Keselamatan, Jemaah Haji Lansia Lebih Baik Ikut Skema Murur

Rinciannya, 19 jemaah wafat di Madinah, 138 jemaah wafat di Makkah, dan 3 jemaah wafat di Jeddah. Pada puncak haji, 6 jemaah wafat di Arafah dan 27 jemaah wafat di Mina. Sementara, data di hari yang sama pada 2023, total ada 313 jemaah haji yang wafat, sekitar 63 di antaranya wafat di Arafah dan Mina.

Yandri juga memantau pos-pos kesehatan. Hasilnya, serapan obat yang dipakai hanya sekitar 50 persen. Kata dia, hal itu menunjukkan bahwa banyak jemaah yang sehat.

"Artinya, gagasan istithaah (kemampuan) kesehatan dari Kemenag (Kementerian Agama) membuahkan hasil. Saya mau apresiasi, haji tahun ini jauh lebih baik dibanding haji tahun lalu,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.