Dark/Light Mode

Keren, Dubes Tata Diganjar Penghargaan Légion d’Honneur Dari Pemerintah Prancis

Kamis, 18 November 2021 17:23 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Monako, Andorra dan UNESCO Arrmanatha Nasir saat mendapat tanda kehormatan tertinggi Pemerintah Prancis. (Foto : Istimewa)
Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Monako, Andorra dan UNESCO Arrmanatha Nasir saat mendapat tanda kehormatan tertinggi Pemerintah Prancis. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Monako, Andorra dan UNESCO Arrmanatha Nasir mendapat tanda kehormatan tertinggi Pemerintah Prancis, Légion d’Honneur dengan gelar Commandeur de la Légion d’Honneur.

Acara pemberian tanda penghargaan digelar di Kementerian Urusan Eropa dan Luar Negeri Prancis di Paris, yang lebih dikenal dengan sebutan “Quai d’Orsay”, Rabu (17/11) malam.

Dubes Arrmanatha Nasir menerima penghargaan atas kontribusi, peran, dan langkahnya dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Prancis. 

Baca juga : Pegadaian Dapat Penghargaan dari DJKN

Dubes yang akrab disapa Tata ini dikenal sering bekerja di luar kebiasaan tradisional dalam diplomasi. Selama dua setengah tahun di Paris, Dubes Tata telah banyak berkontribusi dalam mempererat kerja sama politik, sosial budaya, dan ekonomi Indonesia-Prancis.

Dubes Tata menyampaikan, berbagai kemajuan yang telah dicapai dalam hubungan Indonesia-Prancis, tidak lepas dari keberhasilan kedua negara untuk secara kreatif menjembatani perbedaan posisi dan prioritas untuk memajukan kepentingan bersama. 

“Kita berhasil bekerja beyond business as usual dalam memajukan hubungan bilateral," ujar Tata dalam keterangan resmi KBRI Paris, Kamis (18/11).

Baca juga : PMI Dapat Bantuan Alat Penanganan Covid-19 Dari Belanda

Di tengah pandemi Covid-19, yang memaksa sebagian kegiatan kehidupan terhenti, intensitas kerja sama RI-Prancis justru meningkat.

Hal ini terlihat dari diperkuatnya berbagai mekanisme kerja sama bilateral kedua negara. Antara lain melalui perjanjian kerja sama pertahanan (Defence Cooperation Agreement), termasuk peningkatan kerja sama di bidang industri pertahanan. 

Serta dibentuknya forum dialog maritim, untuk membahas dan mencari solusi atas berbagai tantangan maritim yang dihadapi kedua negara.

Baca juga : Kementan Dan BPTP Di Papua, Perkuat Pertanian Dan Ekspor Daerah Perbatasan

Dalam waktu dekat, juga akan segera ditandatangani rencana aksi (plan of action) yang merupakan roadmap kegiatan untuk 5 tahun ke depan, dalam rangka memperkuat kerja sama strategis kedua negara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.