Dark/Light Mode

Puasa Di Australia

Bukber di Parlemen Disuguhi Makanan Khas 22 Negara OKI

Sabtu, 1 Juni 2019 09:49 WIB
Puasa Di Australia Bukber di Parlemen Disuguhi Makanan Khas 22 Negara OKI

RM.id  Rakyat Merdeka - Gedung Old Parliament House di Canberra, ibu Kota Australia, sejak pukul 4 petang telah dipadati lebih dari 300 tamu undangan. Terdiri dari pejabat tinggi Pemerintah Australia, anggota Parlemen, para anggota Corps Diplomatic di Canberra, tokoh antar-agama di Australia, akademisi, pebisnis dan jurnalis, serta para Duta Besar negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Mereka menghadiri buka bersama (bukber). 

Dubes Republik Indonesia (RI) untuk Australia, Kristiarto Legowo selaku Ketua Kelompok Kepala Perwakilan negara anggota OKI di Canberra, dalam pembukaan Buka Bersama menegaskan mengenai pentingnya untuk senantiasa memperkuat semangat kebersamaan, toleransi dan saling pengertian.

Baca juga : Parlemen Austria Tumbangkan Kanselir Zaman Now

Dalam keterangan pers Kedutaan Besar RI (KBRI) Canberra, hari ini, Dubes Kristiarto Legowo, didampingi Dubes Palestina sebagai Wakil Ketua dan Dubes Mesir sebagai Koordinator Buka Bersama telah menerima kehadiran Tony Sheehan, Deputy Secretary, dan Mrs Lyndall Sachs, Chief of Protocol, Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT)/Kemludag Australia sebagai Tamu Kehormatan (Guest of Honour) mewakili DFAT dan Pemerintah Australia. Dubes Kristiarto Legowo juga menyampaikan ucapan selamat kepada Australia atas suksesnya penyelenggaraan Pemilu Federal Tahun 2019. Diharapkan dengan terbentuknya Pemerintahan baru, hubungan kerja sama Australia dan OKI beserta seluruh negara anggotanya dapat terus berkembang.

“Pemerintah Australia sangat bangga telah menjalin hubungan kerja sama dalam berbagai bidang dengan negara-negara OKI,” ujar Tony Sheehan. Dia juga menegaskan pentingnya penguatan komunikasi dan koordinasi antar negara, termasuk dengan negara-negara OKI untuk menanggulangi berbagai masalah bersama di dunia, seperti radikalisme, terorisme, hingga penanggulangan kemiskinan.

Baca juga : Dubes dan Anggota Parlemen Inggris Ucapkan Selamat Kepada Jokowi

Yang tidak kalah menariknya, Buka Bersama ini juga dimeriahkan dengan hidangan khas dari masing-masing Perwakilan dari 22 Negara Anggota OKI di Canberra. Mulai dari Nasi Kebuli khas Timur Tengah, Bazeen yang merupakan bakso khas Afrika, hingga Sate Ayam, Rendang, dan Biji Salak yang merupakan khas Indonesia. Kelompok Kepala Perwakilan negara anggota OKI di Canberra dibentuk pada 2015 dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait Islam kepada publik Australia, sekaligus meningkatkan peluang kerja sama di antara sesama anggota OKI.

Dubes RI secara berturut-turut sejak tahun 2015 sampai dengan sekarang telah mendapatkan kepercayaan sebagai Ketua Kelompok. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.