Dark/Light Mode

Dubes AS Beri Penghargaan Bagi 8 Pegawai KPK

Selasa, 26 Februari 2019 13:29 WIB
Dubes AS Joseph R Donovan Jr (ketiga kanan) menyerahkan cinderamata kepada Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung Merah Putih, Jakarta, Selasa (26/2). (Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka)
Dubes AS Joseph R Donovan Jr (ketiga kanan) menyerahkan cinderamata kepada Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung Merah Putih, Jakarta, Selasa (26/2). (Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr mendatangi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jl. Kuningan Persada, Selasa (26/2). Selain mendiskusikan berbagai hal terkait pemberantasan korupsi dengan para pimpinan KPK, Dubes Donovan juga memberikan penghargaan kepada 8 pegawai KPK yang menangani kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP.

“Dubes Donovan memberikan penghargaan kepada 8 penyidik, jaksa, dan pihak kerja sama internasional yang terlibat dalam penyelidikan kasus e-KTP. Mereka dinilai memiliki kerja sama yang baik dengan agen rahasia FBI dan Departemen Kehakiman AS," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Gedung KPK Jakarta, Selasa (26/2).

Baca juga : Indonesia Perkuat Pengembangan Kapasitas Palestina

Syarif memastikan, penanganan kasus korupsi e-KTP yang merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun itu masih terus berlanjut. KPK, pemerintah, dan lembaga penegak hukum AS diharapkan dapat melanjutkan kerja sama yang selama ini terjalin. “Kasus ini masih terus berjalan. Jadi, kami masih membutuhkan beberapa kolaborasi dan bantuan lanjutan dari pemerintah AS,” harap Syarif. 

Di lain pihak, Dubes Donovan terang-terangan menyebut, pemberian penghargaan kepada ke anak buah Agus Rahardjo Cs itu adalah bentuk pengakuan pemerintah AS atas kinerja KPK dalam memberantas korupsi. “Jadi, hari ini kami datang untuk mengakui dan memuji kerja yang luar biasa dan sulit dari KPK, yang sangat dihormati di Indonesia,” tuturnya dalam bahasa Inggris. 

Baca juga : KPK-Dubes Australia Bahas Pencegahan Korupsi Swasta & Pelacakan Aset

Dubes Donovan menilai, semangat, komitmen, dan upaya yang luar biasa yang dicurahkan oleh para penyidik, penyelidik, jaksa penuntut dan spesialis kerja sama internasional di KPK sangat luar biasa. “Saya harap, kerja sama yang kami bina itu bisa menjadi model bagi pihak-pihak lain, dalam upaya memerangi korupsi global,” tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.