Dark/Light Mode

Padahal Baru Kontak Dengan Orang Positif Corona

Musim Covid Gini, PM Finlandia Malah Clubbing Sampai Pagi

Rabu, 8 Desember 2021 16:10 WIB
PM Finlandia Sanna Marin (Foto: Instagram)
PM Finlandia Sanna Marin (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin (36) dikecam habis-habisan, setelah kedapatan ajojing di sebuah klub malam di Helsinki sampai pukul 4 dini hari, pada akhir pekan kemarin. Padahal, ia baru saja kontak dengan orang yang positif Covid.

Sanna Marin pun langsung minta maaf, setelah sebuah majalah gosip mempublikasikan foto-foto clubbing tersebut. Beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto dinyatakan positif Covid-19.

"Saya dan suami pergi cari makan, berbelanja, berjumpa dengan teman, dan menghabiskan waktu di klub malam," kata Pemimpin Sosial Demokrat itu melalui akun Facebook-nya, Senin (6/12).  

Baca juga : Kelar Kontak Dengan PM Prancis, PM Belgia Dan 4 Menterinya Isoman

Marin mengaku mendapat info dari petugas berwenang, bahwa untuk kasus terpapar seperti dirinya, tak perlu menjalani isolasi mandiri. "Mestinya saya menggunakan penilaian yang lebih baik, dan mengecek kembali panduan yang diberikan kepada saya. Menyesal sekali saya tidak melakukannya," ungkap Marin.

Marin boleh saja bilang begitu. Namun, hasil jajak pendapat kanal TV MTV3 menyatakan, dua pertiga responden sepakat bahwa apa yang dilakukan Marin adalah sebuah kesalahan yang serius.

Kubu oposan juga menyalahkan Marin, atas keteledorannya yang berpotensi melanggar aturan Covid-19. Apalagi, ia juga tak membaca pesan SMS yang mengingatkannya untuk segera mengisolasi diri.

Baca juga : Ketum Golkar: Anak Kehilangan Orangtua Akibat Covid Adalah Tanggung Jawab Kita Bersama

Rapor Covid Finlandia di Eropa terbilang bagus. Hingga saat ini negara berpenduduk 5,5 juta orang itu  melaporkan 196 ribu kasus terkonfirmasi dan 1.384 kematian akibat Covid,

Tapi saat ini, ceritanya berbeda. Finlandia kini berada di titik tertinggi kasus Covid sepanjang masa, dengan 308 kasus baru per 100 ribu penduduk dalam dua minggu terakhir. Ditambah lagi, sudah ada 8 kasus varian Omicron baru.

Marin, yang menjadi perdana menteri termuda dunia saat diangkat pada 2019, sebelumnya juga menjadi sasaran kecaman atas pesta di kediaman resminya dan postingan media sosial, yang menggambarkan foto mempromosikan aksesoris fesyen bersama teman-temannya pada Oktober lalu.

Baca juga : Pemerintah Ingatkan Warga Positif Covid-19 Jangan Nekat Ke Tempat Umum

Ia pun menanggapi kritik dengan postingan Instagram yang mengutip lagu pop Finlandia: "Hei boom-boom-boomer, put some ice on your hat and cool it."

"Saya adalah perwakilan dari generasi muda. Itu tercermin dalam cara saya melakukan pekerjaan saya dan bagaimana saya hidup," kata Marin kepada penyiar Yle. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.