Dark/Light Mode

338 Pemudik Tujuan Lampung Positif Corona, Paling Banyak Ditemukan Tanpa Gejala

Sabtu, 22 Mei 2021 22:37 WIB
Ilustrasi Covid-19. (Ist)
Ilustrasi Covid-19. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung Reihana menemukan pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19 didominasi kasus tanpa gejala.

"Rata-rata kasus positif Covid-19 yang ditemukan di antara pemudik merupakan kasus tanpa gejala," ujar Reihana di Bandarlampung, Sabtu (22/5/2021).

Dia mengatakan semua pemudik tanpa gejala tersebut telah ditempatkan ke sejumlah tempat isolasi terdekat yang telah disediakan.

Baca juga : Dishub Jaktim Kandangin Minibus Travel Gelap

"Karena kami melakukan pemeriksaan tidak hanya dari dalam Lampung, namun juga warga yang berasal dari beragam daerah. Pemudik (yang terkonfirmasi positif) akan diisolasi terlebih dahulu di tempat yang disediakan selama 10 hari untuk selanjutnya dites usap ulang," katanya.

Menurutnya, karena kebanyakan pemudik membawa serta keluarga dalam perjalanannya, maka keluarga yang berkontak erat pun tengah menjalani karantina.

"Kami pisahkan untuk yang positif tanpa gejala diisolasi di tempat yang disediakan, sedangkan keluarga yang berkontak erat dikarantina di tempat lainnya agar meminimalkan penularan," ucapnya.

Baca juga : Polda Lampung Gercep Antisipasi Arus Balik Dari Sumatera Ke Jawa

Ia menjelaskan berdasarkan data harian ada penambahan sebanyak 77 orang pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif Covid-19 di 7 pos penyekatan.

"Berdasarkan data terakhir yang di-update setiap pukul 8 pagi, ada penambahan sebanyak 77 pemudik yang positif Covid-19, sehingga total ada 338 orang,"

Reihana mengatakan berdasarkan tempat asal pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19, kasus terbanyak di dapatkan dari dalam Provinsi Lampung dengan jumlah pemudik positif sebanyak 95 orang.

Baca juga : 4.124 Pemudik Positif Corona, Bamsoet: Ini Peringatan!

"Untuk pemudik yang positif Covid-19 dari Lampung ada 95 orang, kemudian ada 74 orang asal Jawa Barat, 26 orang asal DKI Jakarta, 23 orang asal Sumatera Selatan, dan sisanya berasal dari berbagai daerah lain," ucapnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada Sabtu (22/5) jumlah pemudik terkonfirmasi positif Covid-19 ada 338 orang.

Dengan rincian ada 255 kasus didapati di 5 pos penyekatan di Kabupaten Lampung Selatan, 11 kasus di pos penyekatan Kota Bandarlampung, serta 72 orang di satu pos penyekatan Lampung Tengah. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.