Dark/Light Mode

Ribuan Pengungsi Suriah Ingin Mudik Di Hari Raya

Selasa, 4 Juni 2019 06:31 WIB
Para pengungsi Suriah dengan sabar antre di pintu perbatasan Turki-Suriah untuk keperluan pemeriksaan keamanan. (Foto : AFP).
Para pengungsi Suriah dengan sabar antre di pintu perbatasan Turki-Suriah untuk keperluan pemeriksaan keamanan. (Foto : AFP).

 Sebelumnya 
Hadiah Lebaran

Bantuan dari lembaga kemanusiaan disalurkan ke kantong-kantong pengungsian di Suriah. Bantuan kemanusiaan ini berdatangan dari sejumlah negara dan organisasi. Salah satunya datang dari Indonesia, termasuk dari Aceh.

Baca juga : BBM Oktan Tetap Jadi Primadona Mudik Lebaran

“Sudah sejak 2015 saya dan teman-teman aktif membantu Suriah. Kita salurkan melalui lembaga yang kita dirikan di Aceh. Alhamdulillah selama ini bantuan kemanusiaan dari Aceh telah meringankan musibah mereka,” sebut Fazel Rizmi, pengurus bantuan kemanusiaan dari Aceh untuk pengungsi Suriah.

Fazel dan rekan-rekan menginisiasi program hadiah Hari Raya menjelang Idulfitri. Tujuannya, agar anak-anak dapat merasakan kebahagiaan yang sama dengan anak-anak lainnya pada hari yang fitri.

Baca juga : 11.100 Pengusaha Warmindo Ikut Mudik Bareng Indofood

“Bantuan yang terkumpul akan kita belanjakan baju baru dan makanan sebagai hadiah Hari Raya untuk anak-anak Suriah,” lanjutnya.

Menurut Fazel, kondisi di Suriah sama dengan Palestina. Hanya saja, isu kemanusiaan tentang Suriah tidak sepopular seperti Palestina.

Baca juga : Gunung Agung Erupsi, Tinggi Kolom Abu 2 Km Di Atas Puncak

“Suriah kondisinya tragis sebagaimana Gaza Palestina. Namun, sering luput dari perhatian. Beda dengan Gaza yang sudah sangat populer di masyarakat Indonesia,” pungkasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.