Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tim Kedubes Rusia Nggak Sabar Sambut Putin Ke Indonesia

Senin, 20 Desember 2021 17:09 WIB
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva. (Foto: ist)
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar Presiden Rusia Vladimir Putin bakal menyambangi Indonesia sudah tersiar sejak tiga tahun terakhir. Sayangnya, di saat tim Kedubes Rusia di Jakarta sudah siap menyambut bos besar mereka, pandemi Covid-19 malah muncul.

Meski harus ditunda, tim Kedutaan Besar Rusia di Jakarta tetap bersiap dan menunggu hari kedatangan Putin ke Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva, dalam jumpa pers, Senin (20/12). Hingga kini, tanggal kedatangan Putin masih di awang-awang.

Baca juga : Tradisi Keagamaan Berkeindonesiaan (2)

"Kami harap Putin bisa datang saat konferensi G20 nanti. Pertemuan Putin dan Presiden Joko Widodo tentunya akan terpisah dari event G20," terang Dubes Vorobieva.

Saat ini, Pemerintahan kedua negara masih mempersiapkan dokumen yang bisa ditandatangani pada kunjungan Putin nanti.

“Kami saat ini mengerjakan sejumlah dokumen bilateral, antara lembaga-lembaga kita, yang bisa ditandatangani selama kunjungan, dan dokumen utama yang kami harapkan bisa ditandatangani adalah Deklarasi Kemitraan Strategis,” imbuhnya.

Baca juga : Tradisi Keagamaan Yang Berke-Indonesiaan (1)

Dubes Vorobieva mengatakan bahwa Rusia sangat menjunjung tinggi hubungan baik dengan Indonesia. Kedua negara memiliki kepercayaan yang tinggi antara satu sama lain.

“Namun, kita tetap berpartisipasi dengan aktif dalam acara-acara yang diorganisir oleh Indonesia dalam keketuaannya di G20. Yang paling terbaru adalah pertemuan Sherpa yang dilaksanakan di Jakarta,” ujarnya.

Pada Juli kemarin, Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi menyambut kedatangan Menlu Rusia Segrey Lavrov di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, keduanya juga membahas soal rencana kedatangan Putin ke Indonesia.

Baca juga : Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021, Indonesia Urutan Ke-13

Putin terakhir kali ke Indonesia pada 2013 lalu. Kala itu, Putin menghadiri KTT APEC di Bali. Selain pertemuan APEC, saat berada di Bali, Putin bertemu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden Jokowi sempat bertemu dengan Presiden Putin pada 2018 lalu, di sela-sela KTT ASEAN-Singapura. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.