Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pimpin Delegasi ASEAN, Dubes Djauhari Temui Wagub Fujian

Sabtu, 15 Januari 2022 07:44 WIB
Dubes Djauhari Oratmangun saat memimpin perwakilan diplomatik dan media dari negara-negara anggota ASEAN. (Foto: Instagram)
Dubes Djauhari Oratmangun saat memimpin perwakilan diplomatik dan media dari negara-negara anggota ASEAN. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun memimpin delegasi perwakilan diplomatik dan media dari negara-negara anggota ASEAN untuk menemui Wakil Gubernur Fujian Guo Ningning di Fuzhou, Rabu (12/1).

Kenapa Fujian? menurut Dubes Djauhari, karena ASEAN sangat dekat dengan Fujian secara geografis maupun historis. Dengan kedekatan faktor sejarah dan geografis itu,

Berita Terkait : Putin: Sanksi Amerika Justru Bikin Maju Rusia

Menurut dia, kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN dengan Provinsi Fujian bisa ditingkatkan.

“Kalau sebelumnya banyak kerja sama di bidang investasi, maka sekarang harus dikembangkan kerja sama ekonomi digital. Fujian cukup terdepan di area ini,” terang mantan Dubes RI untuk Rusia itu dalam keterangan resminya, Kamis (13/1).

Berita Terkait : Kunjungi Fuzhou, Dubes Djauhari Promosi Produk Perikanan Indonesia

Fujian menjadi salah satu poros jalur sutera maritim kuno menuju kawasan Asia Tenggara. Kaum China di negara-negara ASEAN, terutama Singapura, Malaysia dan Indonesia berasal dari Provinsi Fujian, selain dari Provinsi Guangdong.

Hal itu tak lepas dari posisinya yang secara geografis berada di wilayah selatan daratan China sehingga lebih dekat ke Asia Tenggara.
 Selanjutnya