Dark/Light Mode

Pimpin Delegasi ASEAN, Dubes Djauhari Temui Wagub Fujian

Sabtu, 15 Januari 2022 07:44 WIB
Dubes Djauhari Oratmangun saat memimpin perwakilan diplomatik dan media dari negara-negara anggota ASEAN. (Foto: Instagram)
Dubes Djauhari Oratmangun saat memimpin perwakilan diplomatik dan media dari negara-negara anggota ASEAN. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Wagub Fujian, Guo Ningning menyebut, ada 16 juta kaum perantau China dari Fujian tersebar di 200 negara. “Mereka menjadi jembatan China dengan negara-negara lain, khususnya ASEAN, sejak dulu sampai sekarang,” kata Guo Ningning, politikus perempuan yang juga anggota Komite tetap Partai Komunis China (CPC) Provinsi Fujian itu.

Fujian, sebut dia, juga menjadi pangkalan utama blok perdagangan bebas china dalam keanggotaannya di Kemitraan Ekonomi Komperehensif Regional (RCEP).

Baca juga : Putin: Sanksi Amerika Justru Bikin Maju Rusia

Selain itu, Provinsi Fujian yang melahirkan banyak Taipan di Asia Tenggara, juga berkontribusi terhadap peningkatan perdagangan China- ASEAN.

Dalam dua tahun terakhir, ASEAN menjadi mitra dagang terbesar China, menggeser posisi Uni Eropa dan Amerika Serikat. “Kami juga sedang merealisasikan program kerja sama ‘Two Countries Twin Park’ dengan Indonesia,” katanya.

Baca juga : Kunjungi Fuzhou, Dubes Djauhari Promosi Produk Perikanan Indonesia

“Di bidang ekonomi digital, kami berada di posisi tiga besar china,” imbuhnya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Fujian mengusulkan kerja sama “Two Countries Twin Park” yang melibatkan Yuanhong Industrial Park dengan Kawasan Industri Bintan, Kawasan Industri Aviar na, dan Kawasan Industri Batang.

Baca juga : Sambangi Markas FC Utrecht, Dubes Mayerfas Bertemu Bagus Kahfi

Pembangunan ini diharapkan dapat menjadi model untuk kerja sama selanjutnya antara Indonesia dan China. Kerja sama tersebut untuk mendukung investasi China di Indonesia, khususnya di bidang hilirisasi industri, mobil listrik, dan baterai lithium. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.