Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perkuat Pengaruh, Biden Pengen Gelar Tur Ke Asia

Jumat, 4 Februari 2022 08:38 WIB
Presiden AS Joe Biden berpidato dari East Room Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat. (Foto: Reuters/Tom Brenner).
Presiden AS Joe Biden berpidato dari East Room Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat. (Foto: Reuters/Tom Brenner).

 Sebelumnya 
“Presiden akan melakukan perjalanan ke Tokyo untuk Quad Summit, sebagai bagian komitmen kami. Presiden juga akan melakukan beberapa pemberhentian lain dalam perjalanan itu,” kata pejabat senior AS yang enggan namanya disebut.

Dalam menekankan komitmen AS di Asia, pejabat itu merujuk pada rencana AS untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak dengan para pemimpin ASEAN. Selain itu, Menteri Luar Negeri Antony Blinken juga akan mengunjungi Australia pekan depan untuk pertemuan Menteri Luar Negeri Quad.

Baca juga : Pengamat Sarankan BNPT Dialog Dengan Pesantren Terafiliasi Terorisme

Pemerintah, papar pejabat tersebut, juga berencana meluncurkan inisiatif Kepulauan Pasifik baru dengan sekutu dan mitra yang akan menyatukan negara-negara kawasan. “Untuk mengkoordinasikan tindakan kami, mendorong sumber daya dan meningkatkan ambisi kami di kawasan itu, termasuk pada masalah iklim, maritim, dan transportasi,” jelasnya.

Koordinator AS di Indo Pasifik Kurt Campbell memperingatkan, Pasifik bisa menjadi bagian dari dunia yang paling mungkin untuk melihat kejutan strategis. Namun, dia menilai, AS belum berbuat cukup untuk membantu kawasan itu.

Baca juga : Mentan Ingatkan Pentingnya Peran Penelitian Untuk Kemajuan Pertanian

Biden sebenarnya sudah beberapa kali mengunjungi kawasan Asia Pasifik selama lebih dari tiga dekade. Namun, kala itu ia masih sebagai senator dan wakil presiden dalam Pemerintahan Presiden Barack Obama. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.