Dark/Light Mode

Minus Indonesia, Inilah Negara ASEAN Peserta Olimpiade Beijing

Minggu, 6 Februari 2022 09:06 WIB
Para penampil melambaikan tongkat cahaya saat upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2022 di Stadion Olimpiade, Beijing, China, Jumat (4/2/2022). (Foto AP/Bernat Armangue)
Para penampil melambaikan tongkat cahaya saat upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2022 di Stadion Olimpiade, Beijing, China, Jumat (4/2/2022). (Foto AP/Bernat Armangue)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tidak hanya negara empat musim di belahan bumi bagian utara dan selatan yang ikut bertanding di Olimpiade Musim Dingin atau Winter Olympic Beijing 2022. 

Beberapa negara tropis lainnya, seperti negara-negara ASEAN dan Arab Saudi juga mengirimkan sejumlah atlet untuk unjuk gigi di ajang pertandingan dan perlombaan di atas salju atau es itu. Total ada 84 negara dan wilayah yang turut serta dalam pesta olahraga internasional itu. 

Baca juga : Presiden Singapura Hadiri Olimpiade Beijing

Dari anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), ada tiga negara yang ikut bertanding. Ketiga negara tersebut, yakni Filipina, Malaysia, dan Thailand. Timor Leste yang secara geografis terletak di wilayah Asia Tenggara juga turut serta. Tapi, Timor Leste belum terhitung sebagai negara anggota ASEAN.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, para atlet dari negara-negara ASEAN ambil bagian dalam parade kontingen pada acara pembukaan Winter Olympic di Stadion Nasional Beijing (Stadiun National Beijing) pada Jumat malam (4/2).

Baca juga : Hajar Persikabo 3-0, Bali United Tembus Tiga Besar

Para atlet dari Timor Leste tampil mengenakan baju adat. Mereka berada diurutan pertama di antara negara dari wilayah Asia Tenggara, dalam parade tersebut. Disusul rombongan atlet dari Malaysia, Filipina, dan Thailand yang parade di hadapan Presiden China Xi Jinping bersama Presiden Komite Olahraga Internasional (IOC) Thomas Bach, dan ribuan tamu undangan yang memadati stadion berbentuk sarang burung itu.

Atlet dari beberapa negara yang sebelumnya melakukan boikot diplomatik, seperti Amerika Serikat (AS), Australia, Inggris, dan beberapa negara Eropa lainnya tampak turut mengikuti parade tersebut. Beberapa atlet dari China Taipei yang sebelumnya dikabarkan absen juga turun ke arena pembukaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.