Dark/Light Mode

Indonesia-UEA Komit Perkuat Kerja Sama Dan Investasi

Rabu, 9 Februari 2022 17:57 WIB
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Abdul Kadir Jailani. (Foto: Istimewa)
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Abdul Kadir Jailani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah guncangan pandemi Covid-19, hubungan Indonesia dengan Uni Emirat Arab justru mencatatkan kenaikan positif.

Kesolidan persahabatan kedua negara ini perlu dijaga dan digali potensinya demi kebaikan kedua negara.

Baca juga : Jelang Lawan Barito Putera, Pelatih PSIS Asah Taktikal Dan Genjot Chemistry Pemain

Dalam webinar berjudul 'The United Arab Emirates Investment in Indonesia: Accelerating Investment from Middle East Region', Rabu (9/2), Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Abdul Kadir Jailani mengatakan komitmen Indonesia untuk menjaga trend positif ini.

"Kerja sama strategis antara Uni Emirat Arab dan Indonesia menjadi komitmen kami untuk lebih memperkuat kerja sama dengan Anda, terutama di bidang kesehatan dan ekonomi," ujar Kadir.

Baca juga : Mario Jardel Butuh Menit Bermain Bersama Maung Bandung

Dalam catatannya, kerja sama perdagangan bilateral meningkat 37 persen pada 2021 sebanyak 2,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp 41,5 triliun. Tahun lalu, ekspor Indonesia ke Uni Emirat Arab juga meningkat sebesar 50 persen.

Menurutnya, kerja sama perdagangan akan mengalami pertumbuhan signifikan setelah pembentukan perjanjian kemitraan ekonomi yang komprehensif.

Baca juga : Dubes Kamapradipta Sukses Perkuat Hubungan Dagang Di Tengah Pandemi

Meski demikian, lanjutnya, dibutuhkan kerja dari semua pemangku kepentingan pemerintah dan bisnis untuk memanfaatkan potensi yang belum dikelola dengan baik.

Terlebih,  Kadir mengatakan kedua negara telah meluncurkan perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUAE-CEPA) yang diharapkan dapat memperkuat hubungan kerja sama kedua negara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.