Dark/Light Mode

Indonesia-UEA Komit Perkuat Kerja Sama Dan Investasi

Rabu, 9 Februari 2022 17:57 WIB
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Abdul Kadir Jailani. (Foto: Istimewa)
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Abdul Kadir Jailani. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Perjanjian tersebut akan memberikan perlindungan hukum bagi investor Indonesia dan Uni Emurat Arab di kedua negara dengan menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban investor," ungkap Kadir.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Strategi Politik Luar Negeri Kemenlu, Teuku Faizasyah menambahkan, kegiatan webinar ini memiliki tujuan memanfaatkan pembelajaran dan praktik terbaik serta memberikan saran mengenai cara meningkatkan iklim investasi berkelanjutan di Indonesia.

"Kami berharap hasil diskusi dari kegiatan ini dapat mempercepat pembangunan bangsa, program-program pembangunan kita dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat kita," ujarnya.

Baca juga : Jelang Lawan Barito Putera, Pelatih PSIS Asah Taktikal Dan Genjot Chemistry Pemain

Teuku mengatakan bahwa sebagai sebuah negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, Indonesia terus berupaya meningkatkan hubungan dengan negara-negara di Timur Tengah.

Ia juga menilai ada banyak kesempatan bagi Indonesia dan negara-negara di Kawasan Timur Tengah untuk menjadi mitra dekat dalam pengembangan ekonomi.

Oleh karena itu, Indonesia menyambut investasi dari negara-negara di Timur Tengah, terutama dalam bidang energi, pertambangan, pertanian, perbankan, infrastruktur, pariwisata dan industri yang ramah lingkungan.

Baca juga : Mario Jardel Butuh Menit Bermain Bersama Maung Bandung

Teuku mengakui bahwa investasi dari negara-negara di Kawasan Timur Tengah, terutama UEA, Qatar, dan Oman, telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Namun demikian, ia mencatat nilai investasi tersebut relatif kecil jika dibandingkan dengan nilai investasi dari China, Amerika Serikat, Singapura dan Jepang.

Teuku menganggap masih sedikitnya investasi negara-negara Kawasan Timur Tengah di Indonesia sebagai sebuah peluang untuk meningkatkan kerja sama investasi lebih luas lagi dengan UEA. Oleh karena itu, ia mengajak komunitas bisnis di UEA dan Timur Tengah untuk meningkatkan investasi di Tanah Air.

Baca juga : Dubes Kamapradipta Sukses Perkuat Hubungan Dagang Di Tengah Pandemi

Melalui investasi tersebut, Teuku percaya bahwa Indonesia akan mampu menjadi hub bagi pengusaha-pengusaha UEA dan Timur Tengah untuk mengembangkan bisnis mereka di kawasan Asia Pasifik.

"Dan pastinya, ini sangat sesuai dengan kebijakan yang diterapkan oleh beberapa negara di Timur Tengah," pungkasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.