Dark/Light Mode

Maret Buka Perbatasan Untuk Turis Asing

Malaysia Tak Wajibkan Karantina Dan Tes Suhu

Kamis, 10 Februari 2022 08:10 WIB
Ketua Dewan Pemulihan Nasional Malaysia Muhyiddin Yassin (kanan) usai rapat soal penanggulangan Covid-19. (Foto: Facebook/Muhyiddin Yassiyassin).
Ketua Dewan Pemulihan Nasional Malaysia Muhyiddin Yassin (kanan) usai rapat soal penanggulangan Covid-19. (Foto: Facebook/Muhyiddin Yassiyassin).

RM.id  Rakyat Merdeka - Malaysia berencana membuka perbatasan bagi turis asing dalam waktu dekat ini meskipun tengah diamuk Covid-19 varian Omicron. Bahkan, negeri jiran itu akan membebaskan wisatawan dari syarat protokol Kesehatan (prokes) yang bikin ribet.

Menurut Dewan Pemulihan Covid-19 Malaysia, negeri jiran itu tidak akan mengalami lonjakan penularan Covid-19 karena sudah melewati masa kritis gelombang Omicron. Dewan itu meyakini, perbatasan akan dibuka bagi turis asing setidaknya awal Maret nanti.

Baca juga : Yang Jalani Isoman Wajib Punya Kamar Dan Toilet Sendiri

Nantinya, para turis tidak perlu repot melakukan karantina mandiri setibanya di Malaysia. Mereka hanya perlu menunjukkan bukti tes Covid-19 dan vaksinasi penuh setibanya di bandara atau gerbang perbatasan.

Ketua Dewan Pemulihan Nasional yang juga mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Muhyiddin Yassin meminta Pemerintah segera menetapkan batas waktu yang pasti untuk membuka pintu perbatasan. Negeri Menara Kembar itu juga akan menganggap Covid-19 sebagai endemic.

Baca juga : Kapal Pembawa WNI Kembali Karam Di Malaysia, 5 Orang Meninggal Dan 1 Hilang

Dilansir Bernama, Rabu (9/2), Pemerintah Malaysia, nantinya, akan menghapus aturan pemeriksaan suhu badan dan kewajiban mencatat nama di buku check in setiap area publik. Namun, check in dengan menggunakan aplikasi MySejahtera, seperti PeduliLindungi di Indonesia, masih diwajibkan untuk digunakan.

“Penting juga untuk saya sampaikan, musyawarah empat menteri turut menetapkan bahwa prosedur operasi standar pemeriksaan suhu badan akan dicabut,” ungkap Menteri Pertahanan Malaysia Hishamuddin Hussein dikutip Reuters, kemarin.

Baca juga : Pelancong Dari Luar Negeri Wajib Taat Karantina Dong!

“Namun, jika para pemilik tempat usaha masih ingin meneruskan pelaksanaan standar pemeriksaan suhu dan buku catatan check in ini, Pemerintah amat mendukung dan mendorongnya,” sambungnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.