Dark/Light Mode

Pameran Revolusi Kemerdekaan Indonesia Di Rijksmuseum Belanda Resmi Dibuka

Sabtu, 12 Februari 2022 13:25 WIB
Dubes Mayerfas (tengah) saat meresmikan Pameran Revolusi Kemerdekaan Indonesia di Rijksmuseum Belanda pada, Kamis (10/2). (Foto: KBRI Den Haag)
Dubes Mayerfas (tengah) saat meresmikan Pameran Revolusi Kemerdekaan Indonesia di Rijksmuseum Belanda pada, Kamis (10/2). (Foto: KBRI Den Haag)

 Sebelumnya 
Menurut Direktur Rijksmuseum Taco Dibbits, pameran dapat terlaksana atas kerja keras dari kurator yang berasal dari Belanda dan Indonesia.

“Seluruh koleksi dalam pameran dikurasi oleh 4 kurator yaitu Harm Stevens dan Marion Anker dari Rijksmuseum Belanda, serta Amir Sidharta (Direktur Museum Univ. Pelita Harapan) dan Bonnie Triyana (Sejarahwan),” ungkap Dibbits.

Baca juga : Termotivasi Kakak, Beckham Pede Bawa Indonesia Juara Piala AFF U-23

Koleksi seni dan benda bersejarah yang dipamerkan, selain berasal dari berbagai museum dan institusi di Belanda, juga dipinjamkan dari sejumlah museum di Indonesia seperti Museum Affandi Yogyakarta, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Art Council, Museum Seni Rupa Jakarta, Museum Komunikasi dan Informatika Jakarta, dan Museum Universitas Pelita Harapan Tangerang.

Sejumlah koleksi yang ditampilkan antara lain: Kamera yang merekam Rapat Akbar di Lapangan Ikada; Koleksi dokumen yang didapat dinas intelijen Belanda di masa kolonial, termasuk album foto pribadi Rosihan Anwar; Lukisan/Sketsa Perundingan Linggajati yang dibuat Henk Ngantung; dan Lukisan yang dibuat Sudarso tentang potret Tanja Dezentje, WN Belanda yang menjadi WNI dan turut berjuang sebagai wakil Indonesia dalam diplomasi kemerdekaan Republik Indonesia ke dunia.

Baca juga : Ukraina Memanas, Dubes Jose: Aktivitas WNI Di Rusia Berjalan Seperti Biasa

Pameran juga menampilkan instalasi seni dari Timoteus Anggawan Kusno, seniman asal Yogyakarta. Instalasi tersebut menggambarkan perjuangan Indonesia di masa kolonial sebelum revolusi kemerdekaan dengan menampilkan obyek yang berasal dari masa kolonial, termasuk diantaranya pigura lukisan potret Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Di samping itu, sebagai bagian dari pameran, telah diterbitkan buku berjudul Revolusi! Indonesia Independent yang berisikan tulisan kontribusi dari para kurator. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.