Dark/Light Mode

Demonstran Tersingkir, Jembatan Penting AS Kanada Buka Lagi

Senin, 14 Februari 2022 20:07 WIB
Polisi Kanada menahan seorang demonstrans anti vaksin Covid-19 yang beraksi di Ambassador Bridge, Windsor, Ontario, Kanada. (Foto AFP/Jeff Kowalsky)
Polisi Kanada menahan seorang demonstrans anti vaksin Covid-19 yang beraksi di Ambassador Bridge, Windsor, Ontario, Kanada. (Foto AFP/Jeff Kowalsky)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jembatan penyeberangan perbatasan tersibuk antara Amerika Serikat dan Kanada, Ambassador Bridge, telah dibuka kembali pada Minggu malam (13/2). Setelah massa menutup perbatasan itu selama hampir sepekan, sebagai bentuk unjuk rasa menentang pembatasan terkait Covid-19.

Esther Jentzen, juru bicara perusahaan, Detroit International Bridge Co. mengemukakan, pembukaan kembali Ambassador Bridge memungkinkan arus perdagangan kembali lancar. Dilansir Associated Press, jembatan itu dibuka lagi untuk lalu lintas sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

Baca juga : Perbatasan AS Dan Kanada Lumpuh

Ambassador Bridge itu menghubungkan perbatasan AS, Detroit, dan Windsor, Ontario, Kanada. Biasanya, kawasan itu dilalui 25 persen dari produk perdagangan antara AS dan Kanada. Blokade terjadi di sisi Kanada telah mengganggu bisnis di kedua negara. Yaitu produsen mobil terpaksa menutup beberapa pabrik perakitan.

Polisi di Windsor, Ontario, sebelumnya mengatakan bahwa lebih dari dua lusin orang telah ditangkap secara baik-baik, tujuh kendaraan diderek dan lima disita sewaktu petugas membubarkan demonstran.

Baca juga : Kasus Kematian Terus Meningkat, Ayo Tekan Dengan Vaksin

Sementara itu, protes di Ibu Kota Kanada, Ottawa telah membuat pusat kota lumpuh. Warga menuding polisi lamban bertindak. Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau sejauh ini menolak seruan untuk menggunakan pihak militer guna mengatasi demonstrasi itu.

Trudeau menyebut para demonstran itu sebagai “riak-riak” dalam komunitas masyarakat Kanada. Demonstrasi di Ambassador Bridge, di Ottawa dan lokasi-lokasi lain di Kanada itu, mengecam kewajiban vaksin Covid-19 untuk pengemudi truk dan pembatasan lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.