Dark/Light Mode

Gelar Pameran Instalasi Seni Video

Dubes Italia Kenang 500 Tahun Wafatnya Raffaello Sanzio da Urbino

Selasa, 15 Februari 2022 19:31 WIB
Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri
Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar dan Institut Kebudayaan Italia di Jakarta mengadakan pameran instalasi seni video untuk mengenang 500 tahun wafatnya maestro pelukis Raffaello Sanzio da Urbino (Raphael), di Ciputra Artpreneur Gallery, Jakarta, selama sebulan.

Raphael adalah pelukis dan arsitek yang menjadi kiblat banyak pelaku seni sepanjang masa. Duta Besar (Dubes) Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri berharap, masyarakat dapat menikmati dan memahami seni sang maestro yang tersaji dengan sentuhan teknologi video yang mumpuni. Pameran itu bertajuk Magister Raffaello itu digelar pada 25 Februari - 31 Maret 2022.

Baca juga : Negara-negara Timur Tengah Desak Warganya Tinggalkan Ukraina

“Instalasi tersebut menyajikan karya fenomenal Raphael secara runut agar kita lebih memahami makna dari karyanya. Dan, bagaimana hal tersebut membawa pengaruh terhadap sejarah seni,” kata Dubes Latteri dalam keterangannya, Senin (14/2), di laman website kedutaan.

Direktur Institut Kebudayaan Italia (Istituto Italiano di Cultura Jakarta/IIC), Maria Battaglia mengatakan, Raphael lahir dan besar di lingkungan Italia yang humanis. Inilah landasan Raphael mendapatkan konsep dasar mengenai hidup dan budaya.

Baca juga : PGN Salurkan Oksigen 50 Tabung Untuk Rumah Sakit di Probolinggo

“Melalui karyanya, kita bisa melihat bahwa seni dapat memperkaya hidup seseorang. Seni juga dapat mewujudkan kondisi yang diidamkan manusia seperti kesejahteraan, kebahagiaan dan ketenangan,” katanya, dalam keterangan videonya di akun ICC Jakarta.

Salah satu karya Raphael yang terkenal, The School of Athens turut ditampilkan dalam eksibisi ini. Tak hanya itu, di eksibisi pengunjung juga dapat melihat karya seniman, penulis dan filsuf yang terinspirasi dari Raphael.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.