Dark/Light Mode

Penemu Vaksin AstraZeneca Diberi Gelar Damehood Oleh Kerajaan Inggris

Rabu, 16 Februari 2022 12:58 WIB
Pencipta vaksin Oxford-AstraZeneca, Sarah Gilbert
Pencipta vaksin Oxford-AstraZeneca, Sarah Gilbert

RM.id  Rakyat Merdeka - Ahli vaksin dari Universitas Oxford pencipta vaksin Oxford-AstraZeneca, Sarah Gilbert, dianugerahi gelar bangsawan “damehood” oleh kerajaan Inggris, saat upacara di Kastil Windsor, Selasa (15/2). 

Gilbert dinilai layak menerima gelar tersebut berkat jasanya membantu menyelamatkan jutaan nyawa manusia dari ancaman Covid-19.

Baca juga : Alhamdulillah, 2,7 Juta Vaksin AstraZeneca Donasi Australia Tiba Di Tanah Air

Dilansir BBC, Rabu (16/2), Gilbert merupakan spesialis dalam pengembangan vaksin melawan influenza dan patogen virus yang muncul. Dia juga menjadi pemimpin dalam pengembangan dan pengujian vaksin influenza, yang menjalani uji klinis pada 2011.

Pada 30 Desember 2020, vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca yang dikembangkan bersama dengan vaksin Oxford Grup telah disetujui untuk digunakan di Inggris. Kini, Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca telah digunakan oleh lebih dari 2,5 miliar orang dilebih dari 170 negara.

Baca juga : Temui Menko Airlangga, Dubes Selandia Baru Bahas Kerja Sama Perdagangan Dan Energi

Selain Gilbert, ada juga beberapa nama tokoh dari berbagai bidang yang bakal menerima gelar bangsawan. Pianis klasik Dame Imogen Cooper akan menerima penghargaan untuk jasanya di bidang musik.

Dame Imogen adalah penerima Queen’s Medal for Music sebagai pengakuan atas pengaruh besarnya pada kehidupan bermusik di Inggris. Melalui Imogen Cooper Music Trust, ia juga memberikan beasiswa kepada para musisi muda yang menjanjikan.

Baca juga : RI Terima Hibah Vaksin AstraZeneca Dari Jerman Dan Swedia

Konduktor Daniel Harding serta pianis dan komposer Eleanor Alberga juga akan mengumpulkan penghargaan mereka. Artis Michael Landy, dari gerakan Young British Artist, akan menerima CBE untuk jasanya di bidang seni. [DAY]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.